Pet Transport untuk Burung

Apakah Anda melakukan pet transport menuju dokter hewan, ke rumah dari pet shop atau hanya sekedar menikmati jalan-jalan ke luar kota dengan membawa serta burung peliharaan kesayangan Anda, tips berikut ini akan memastikan hewan peliharaan berbulu ini memiliki pengalaman jalan-jalan yang aman dan bebas stress.

pet transport

1. Traveling bisa membuat kondisi hewan peliharaan apapun dirundung stress, tanpa kecuali burung. Pet transport burung harus direncanakan lebih dahulu dan Anad harus siap dengan kebutuhan-kebutuhannya selama dalam perjalanan. Jangan menunggu beberapa menit sebelumnya untuk mempersiapkan apa saja yang harus dibawa berkenaan dengan kebutuhan burung peliharaan Anda.

2. Selama burung menjalani pet transport, usahakan burung peliharaan Anda tenang dan aman.

3. Walau Anda melakukan pet transport menuju kantor dokter hewan terdekat bisa juga membuat burung stress. Kondisi lingkungan untuk perjalanan jarak dekat adaklah sebuah kotak tanpa penerangan atau gelap yang sunyi. Anda bisa memanfaatkan sebuah kotak kardus atau membeli kotak khusus hewan peliharaan burung di pet store terdekat. Pastikan Anda memberikan lubang pada kotak kardus sebagai ventilasi.

4. Singkirkan tenggeran burung atau mainan yang terdapat di kotak yang dijadikan media pet transport burung kesayangan Anda. Letakkan lap kering di bagian dalam bawah kotak, bersamaan dengan ‘tempat tidur’ yang biasa Anda letakkan di dalamk kandangnya. Bau benda yang tidak asing akan membuatnya tenang.

5. Gunakan kotak pet transport yang tidak memiliki ruang luas. Burung peliharaan Anda tidak semestinya memiliki ruang luas untuk dia bergerak. Anda tentunya tidak ingin dia kebingungan lalu berusaha mengatupkan sayapnya. Kebanyakan burung akan meringkuk di handuk tersebut. Untuk perjalanan singkat itu, Anda tidak perlul mengkhawatirkan makanan atau minumannya.

6. Untuk perjalanan lebih lama, misalnya pindahan rumah, belilah kotak atau kandang khusus pet transport. Seperti biasa singkirkan hiasan-hiasan, mainan dan ornamen lainnya yang terdapa di dalam kotak. Atau Anda juga bisa menyisakan mainan yang sekiranya aman, yaitu yang tidak dapat diayunkan oleh burung Anda.

7. Sediakan dua mangkuk terpisah yang masing-masing diisi makanan dan air dengan takaran setengah, dan jangan lupa letakan handuk lembut sebagai tempat bertumpu burung peliharaan Anda. Bawalah handuk cadangan berukuran besar untuk menutup kandang pet transport agar suasana di dalamnya lebih gelarp dan terkesan tenang. Setiap Anda berhenti dalam perjalanan, entah untuk mandi atau makan, buka tutupan kandang agar burung Anda bisa melihat-lihat lingkungan sekitar. Berbicaralah dengan burung Anda dalam perjalanan agar dia tidak kehilangan hal-hal yang lazim dia dengarkan sebelumnya. Bawalah air cadangan untuk mengisi ulang mangkuk. Walau dia tidak makan banyak, bawalah juga makanan cadangan untuk burung Anda untuk berjaga-jaga selama pet transport berlangsung.

8. Tempatkan kotak atau kandang pet transport di tempat yang aman di kendaraan Anda. Anda tidak ingin media itu ikutan meluncur bebas saat kendaraan membelok. Hal ini sangat membuat burung peliharaan Anda tidak nyaman dan stress. Tempatkan di lantai mobil, amankan dengan mengikatkan sabuk pengaman atau dikepit dengan dua benda yang lebih berat agar kotak itu bisa diam di tempat. Jangan biarkan burung lepas dari kandangnya saat mobil dijalankan. Jika dia ketakutan akibat suara kalkson atau hingar binger jalan raya, Anda sama saja membahayakan lalu lintas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: