Showroom Mobil Bekas

Berdasar sebuah riset di Amerika Serikat, menunjukkan bisnis showroom mobil bekas merupakan industri retail terbesar di negeri paman sam itu. Perbandingan showroom mobil bekas dan baru adalah 3 banding 1. Sama dengan industri manapun, ada regulasi khusus mengenai bagaimana memulai usaha showroom mobil sendiri. Kebanyakan orang memiliki pengalaman di industri otomotif sebelum mereka terjun langsung sebagai pemilik dealer mobil. Hal ini disebabkan saat dia bekerja disebuah dealer mobil, dia belajabr banyak soal bisnis otomotif sehingga memotivasi dia untuk membangun kerajaan bisnisnya sendiri. Tapi bila Anda berusaha merambah bisnis ini tanpa pengalaman apapun, artikel ini bisa membantu Anda.

Showroom Mobil

1. Langkah pertama Anda adalah menentukan jenis bisnis showroom mobil bekas yang seperti apa yang ingin Anda kelola. Akankah Anda memiliki partner atau cukup menjadi distributor tunggal? Akankah Anda bekerjasama langsung dengan manufaktur mobil?

2. Susun perencanaan bisnis. Perencanaan bisnis sangat penting untuk mengawali sebuah bisnis, apalagi bisnis showroom mobil. Kebanyakan bisnis gagal karena mereka gagal dalam perencanaan. Untuk mempelajari perencanaan bisnis lebih banyak lagi, hubungi konsultan bisnis untuk memperoleh template, pelatihan dan nasihat.

3. Peroleh modal. Setiap bisnis membutuhkan dana operasional. Kebanyakan perusahaan yang sukses berencana memiliki modal cukup untuk mengoperasikan usahanya setidaknya selama enam bulan ke depan atau lebih. Modal ini untuk membayar inventori, sewa, tagihan, pegawai, dan sebagainya. Modal ini biasanya berasal dari tabungan, dana investor atau pinjaman. Jika Anda membutuhkan investor atau pinjaman, memiliki perencanaan bisnis yang lengkap mengenai usaha showroom mobil Anda akan menjadi asset awal yang bisa membantu Anda memenangi kompetisi bisnis.

4. Dapatkan tempat usaha. Pastikan tempat itu dialokasikan sebagai zona showroom mobil.

5. Peroleh izin bisnis usaha jika memang sudah diwajibkan di wilayah Anda tinggal. Terkadang ada pemerintahan yang memiliki aturan khusus untuk jenis bisnis showroom mobil.

7. Bergabunglah dengan grup bisnis lokal yang bisa berperan sebagai network Anda dan bisnis showroom mobil Anda, misalnya kamar dagang local, atau asosiasi showroom mobil di area bisnis Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: