Pembiayaan Perdagangan untuk Bisnis Kopi

Majalah “Time” membuat berita yang cukup mengejutkan, kurang lebih menyebutkan bahwa revolusi yang terjadi di Brazil mengancam sumber utama kopi Amerika Serikat. Artikel ini dipublikasikan pada Agustus 1932, namun tampaknya hingga saat ini informasi tersebut seolah-olah memberi sinyal betapa rapuhnya pertanian seperti kopi. Satu bencana alam atau revolusi yang terjadi bisa memposisikan pasar pada risiko keuangan yang serius. Bila terlintas di pikiran Anda untuk memberikan pembiayaan perdagangan kopi, ada baiknya mempertimbangkannya lebih serius.

pembiayaan perdagangan

1. Taksir selera spekulasi Anda. Semua manusia memiliki ketertarikan akan mengambil risiko, tapi pastikan Anda punya keinginan untuk memberikan pembiayaan perdagangan. Anda akan diminta untuk mempersiapkan sejumlah modal tunai sebelum Anda bisa menikmati segelas kopi dan Anda tidak akan menerima timbal balik sampai masa panen tiba. Jadi jika Anda tidak siap untuk menghadapi kondisi tersebut, jangan pernah memberikan pembiayaan perdagangan untuk bisnis kopi.

2. Sebelum menyerahkan cek pembiayaan perdagangan, peroleh data penjualan, pemasaran dan keuangan dari pemilik bisnis kopi itu agar Anda bisa melakukan penaksiran waktu, uang dan usaha mereka dalam melanggengkan perusahaan agar mampu terus beroperasi.

3. Kerahkan analisis kompetitif untuk menaksir lingkungan di mana usaha bisnis itu bernaung. Enam kedai kopi terdapat dalam radius 1 mil ditambah gerai coffee-brewing drive-thru menunjukkan dalam bisnis tersebut dibutukan biaya marketing yang tinggi agar bisnis bisa bertahan lama. Jika komponen ini terlewatkan, timbal balik dari pembiayaan perdagangan akan lebih lama Anda peroleh.

4. Perhatikan pasar kopi internasional, seiring pembiayaan perdagangan yang Anda keluarkan tergantung pada sukses tidaknya musim kopi di negara-negara yang terkenal sebagai produsen kopi terbaik seperti Jamaika, Kolombia atau Kenya. Satu bencana alam atau kejadian khusus yang terjadi bisa membahayakan investasi.

5. Buatlah keputusan saat Anda telah menimbang antara pro dan kontra dari keputusan Anda untuk memenuhi pembiayaan perdagangan kopi. Jika Anda berniat untuk terjun dalam bisnis tersebut, buatlah komitmen finansial untuk melindungi kepentingan Anda setelah pengacara Anda memastikan kesepakatan finansial.

6. Usahakan selalu dekat dengan usaha di mana Anda menanam pembiayaan perdagangan juga selalu terbuka dengan informasi pasar kopi global, tapi janganlah terlalu menonjol. Sebagai pendana, Anda berhak menjaga hubungan dekat dengan perusahaan kopi tersebut dan menikmati buah investasi Anda, tapi berpikirlah sehat dengan pengaruh Anda. Terapkan etiket pendana dengan bekerja keras di belakang layar untuk membangun bisnis kopi itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: