Yuk Bisnis Pet Grooming!

Jika Anda senang berinteraksi dengan anjing dan hewan berbulu lainnya, bisnis pet grooming merupakan peluang usaha yang bisa Anda coba untuk menghasilkan rupiah melalui sesuatu yang Anda nikmati. Tapi bisnis pet grooming tidak hanya mengandalkan kecintaan Anda pada anjing, kucing dan sebagainya. Anda tetap harus hati-hati dalam merencanakan bisnis ini, baik dari aspek teknik dan aspek legal dalam membangun usaha jenis ini.

pet grooming

1. Konsultasikan dengan pihak berwenang/pemerintah di kota Anda mengenai persyaratan membangun usaha pet grooming. Contohnya, cari tahu apakah Anda diperbolehkan mengelola bisnis ini di tempat tinggal Anda dan apakah Anda membutuhkan sertifikat khusus.

2. Dapatkan lisensi dari lembaga pendidikan pet grooming. Kebanyakan program terkait pet grooming berlangsung antara satu hingga enam bulan. Melengkapi tahapan program untuk memperoleh lisensi tersebut akan berguna untuk marketing usaha Anda.

3. Kunjungi website-website yang berisi tutorial mengenai aspek teknik melakukan grooming hewan peliharaan yang disesuaikan dengan usia mereka serta panduan menjalankan bisnis ini.

4. Dapatkan asuransi. Bisnis apapun membutuhkan asuransi dan sebagai informasi mengenai kebutuhan asuransi untuk jenis usaha pet grooming, Anda bisa menanyakan detailnya pada penyedia jasa asuransi usaha.

Bila Anda masih ragu memulai bisnis ini seorang diri, Anda bisa mengajak kerja sama dokter hewan, pengusaha kandang anjing dan toko hewan, siapa tahu saja mereka tertarik berbisnis pet grooming bersama Anda. Dalam bisnis ini, pertimbangkan untuk menyediakan mobil perusahaan yang bisa berfungsi sebagai kendaraan antar jemput hewan peliharaan pelanggan Anda. Yang perlu diingat, sebagai pet groomer Anda memang bertugas mempercantik kondisi hewan peliharaan Anda. Meski demikian, jangan lupakan prosesnya agar tidak sampai membuat hewan-hewan peliharaan tidak nyaman, trauma atau bahkan sampai melukainya. Perhatikan kebersihan dan kehiginiesan alat-alat yang Anda gunakan. Cek kondisi hewan apakah dalam keadaan sehat, termasuk usia dan jenis ras hewan peliharaan pelanggan Anda, untuk menentukan perawatan yang tepat. Bila Anda mampu memberikan jasa terbaik untuk hewan-hewan peliharaan itu, bisnis pet grooming Anda pun akan berjalan mulus.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: