Pengobatan Tumor Schwannoma

Tumor schwannoma merupakan tumor yang tumbuh secara lambat di bagian dalam jaringan urat syaraf. Tidak seperti tumor syaraf yang tumbuh dari lapisan urat syaraf, schwannoma membentuk dari sel-sel pada setiap serat urat syaraf. Pengobatan tumor jenis ini bervariasi tergantung pada ukuran dan lokasi tumor, gejala tumor yang disebabkan dan kondisi kesehatan pasien.

pengobatan tumor

Identifikasi

Schwannoma utamanya adalah tumor jinak. Pada kasus-kasus yang sangat jarang terjadi, tumor ini bisa berbahaya. Tumor tersebut bisa tumbuh ke mana saja sepanjang sistem syaraf. Area yang biasa ditumbuhi tumor schwannoma adalah bagian otak, trunk dan sel lain yang tidak berhubungan dengan syaraf. Pengobatan tumor Schwannoma akan dilakukan berdasarkan pada lokasi dan apakah tumor itu jinak atau ganas.

Pengobatan tumor dengan pembedahan

Solusi bedah adalah pengobatan tumor Schwannoma yang biasa diambil. Karena Schwannoma mengenai syaraf, dibutuhkan ahli syaraf berpengalaman untuk terlibat dalam pembedahan. Saat berhadapan dengan Schwannoma, serat syaraf turut terlibat, yang artinya akan menjadi masalah seumur hidup apabila serat itu terpotong atau rusak. Setelah pembedahan, pasien biasanya akan mengalami disfungsi syaraf seperti merasa kebas dan terasa ditusuk-tusuk.

Bedah Gamma Knife

Jika Schwannoma berukuran cukup besar, pembedah bisa memilih metode Gamma Knife atau pengobatan dengan radiasi yang difokuskan pada tumor. Metode ini bisa menjadi pengobatan tumor tunggal ataupun menjadi pendahulu sebelum pembedahan. Tumor yang lebih kecil lebih mudah diangkat dan risikonya tidak terlalu tinggi.

Pengawasan setelah pengobatan tumor

Pengawasan ketat oleh dokter merupakan solusi terbaik setelah proses pengobatan tumor. Jika tumor tidak menyebabkan gejala-gejala apapun, tidak ada tanda-tanda menjadi ganas dan si pasien dan dokternya merasa nyaman dengan hasil yang dirasakan, tumor tetaplah harus diawasi secara berkala untuk memastikan tidak ada efek samping yang membahayakan bagi si pasien.

Meski demikian, penderita tumor Schwannoma yang memiliki kondisi kesehatan yang memprihatinkan tidak disarankan untuk menempuh pengobatan tumor dengan pembedahan. Dalam kasus ini, radiasi bisa dilakukan untuk menyingkirkan tumor dan menekan gejala-gejala terkait penyakit ini. Dan tentu saja harus selalu di bawah pengawasan dokter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: