Pengobatan Tumor pada Ginjal

Tumor pada ginjal terjadi akibat sel kanker dan atau tumor ditemukan pada kedua ginjal di dalam tubuh manusia. Pada umumnya tidak ada gejala mencolok untuk jenis penyakit ini. Tapi bagaimanapun juga, tumor sering kali bisa teridentifikasi setelah pengecekan X-Ray secara rutin sehingga ada banyak kanker ginjal bisa didiagnosa lebih dini saat jumlah sel-selnya masih sangat kecil. Untuk pengobatan tumor pada ginjal bisanya ditempuh dengan pembedahan.

Pembedahan menjadi pengobatan tumor pada umumnya, dan saat ini masih menjadi pilihan utama. Pengobatan tumor dengan mengangkat sel-sel tumor dan kanker ini biasanya sangat efektif untuk mengobati kanker berskala kecil, khususnya jika tumor ataupun kanker diketahui pada tahap awal dan sebelum sel-sel itu berkembang. Salah satu tahap kanker ginjal yang memburuk disebut Inferior Vena Cava, yang terjadi ketika sel-sel jahat telah menyebar mencapai urat darah halus pada ginjal. Tahap ini juga bisa disebut kanker ginjal stadium 3. Walau ini lebih jauh serius dan sulit untuk diobati daripada stadium 1 dan 3, mengangkat tumor adalah pilihan yang tepat. Artinya saat masih mencapai tahapan tumor, maka aksi pengobatan harus segera dilakukan. Ada beberapa isitilah pengobatan tumor pada ginjal, sebagai berikut.

Nephrectomy

Secara tradisional, pembedahan ginjal (nephrectomy) adalah pengobatan tumor yang direkomendasikan hingga saat ini. Ada beberapa jenis nephrectomy, yaitu Open Nephrectomy, Laparoscopic Nephrectomy, dan Partial Nephrectomy. Open Nephrectomy adalah pengobatan tumor dengan membedah ginjal untuk mengangkat sel-sel kankert ataupun tumor. Sementara proses dalam Laparoscopic Nephrectomy adalah dengan menggunakan radiasi untuk menghilangkan sel-sel jahat pada ginjal. Pengobatan dengan laser ini biasanya akan dilakukan pada tumor yang diketahui berukuran kecil hingga sedang, atau di bawah diameter 8 cm. Sebagai tambahan, bila ada temuan bahwa sel kanker telah menyebar sampai kelenjar getah bening, Laparoscopic Nephrectomy tidak dianjurkan. Bila tumor pada ginjal berukuran kecil, di bawah diameter 4 cm, penderita bisa memilih Partial Nephrectomy.

Pembedahan dengan energy (Ablation & Cryoablation)

Ablation adalah alternative pengobatan tumor melaluui pembedahan dengan menghancurkan tumor melalui pemanfaatan energy. Penggunaan aliran elektronik, seperti CAT Scan, MRI atau ultrasound dipakai untuk mengidentifikasi keberadaan sel tumor secara tepat. Kemudian sebuah alat khusus dimasukkan ke area ginjal lalu tumor itu dihancurkan oleh panas frekuensi radio (Ablation) atau dibekukan (Cryoablation). Walau tipe pengobatan tumor ini minim pisau operasi, namun berlaku terbatas pada tumor berukuran kecil, atau dibawah 4 cm yang berlokasi tidak dekat pusat ginjal atau organ vital lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: