Nyeri Sendi & Cara Mengatasinya

Sendi adalah titik pertemuan dua tulang. Struktur sendi pada tubuh dilengkapi dengan otot, ikatan sendi tulang, tulang rawan, dan selaput synovial yang didesain untuk mengatasi berat dan memungkinkan tulang tengkorak bergerak. Itulah tugas setiap sendi yaitu untuk memberikan pada manusia fleksibelitas untuk melakukan segala gerak. Hal inilah yang membuat sendi rentan sakit, atau biasa disebut nyeri sendi.

Nyeri sendi itu bermacam-macam penyebabnya, bisa luka, trauma, penyakit infeksi, tegang, osteoporosis, dan radang kantung lendir. Manifestasi nyeri sendiri juga bermacam-macam pada tiap orang. Ada orang yang merasa sakit pada saat melakukan kegiatan tertentu, dan ada juga yang merasa sakit luar biasa pada saat beristirahat. Arthritis juga adalah salah satu penyebab nyeri sendi. Tapi harus dicatat bahwa ini adalah kasus-kasus yang terjadi pada segelintir orang, sebab arthritis tidak selalu menyebabkan nyeri sendi. Bagi Anda yang sering mengalami nyeri sendi, ada baiknya mengunjungi dokter. Tapi sebagai pertolongan pertama, Anad bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Melakukan cryotherapy

Pada hari pertama mengalami nyeri sendiri, letakan es batu setiap sejam selama 15 menit. Hari berikutnya, durasi perawatan tetap sama, tapi selain mengompres dengan es batu setiap jam, Anda juga bisa melakukannya 4 hingga 5 kali sehari.

2. Gunakan hydrotherapy dan aromatherapy, yang akan membantu Anda mengurangi rasa nyeri sendi. Berendamlah di air hangat yang dibauri 6 hinga 10 tetes minyak esensial seperti lavender, rosemary, atau eucalyptus. Terapi tubuh ini dalam air ini tidak hanya mengurangi rasa sakit tapi juga membuat Anda lebih relaks dan tidak stress.

3. Pijat bagian yang mengalami nyeri dengan minyak esensial atau cairan menthol untuk mengurangi rasa sakit. Saat memijat, pastikan arah pijatan menuju jantung dan tidak sebaliknya.

4. Konsumsi obat-obat seperti acetaminophen untuk memulihkan nyeri sendi secara langsung, obat-obatan non-steroidal anti-inflammatory akan membantu memulihkan sendi membengkak dan kaku.

5. Cobalah minuman herbal. Campur dua sendok the madu dengan dua sendok sari buah apel di dan air hangat. Minum campuran ini dua kali sehari untuk meredakan nyeri sendi.

6. Latih atau senam untuk mengurangi sakit dan mengurangi berat badan. Senam aerobis yang berdampak ringan seperti berenang, bersepeda dan berjalan sangatlah baik untuk nyeri sendiri. Lakukan senam 20 hingga 30 menit, 3 kali seminggu. Agar lebih nyaman untuk sendi, lakukan sela atau istirahat selama 10 menit di antara 20 atau 30 menit tersebut. Kegiatan ini juga bagus untuk mengurangi bersat badan, yang akan mengurangi beban berat yang ditanggung sendi-sendi.

7. Jadwalkan sesi terapi. Nyeri sendi kebanyakan merintangi mobilitas area sendi yang terkena. Jadi dengan bantuan terapis, bisa meningkatkan daya gerak sendi. Terapi yang biasa dilakukan adalah akupuntur yang efektif meredakan sakit.

8. Salah satu pengobatan nyeri sendi yang murah dan mudah adalah istirahat atau tidur. Pastikan Anda memperoleh waktu tidur berkualitas yang cukup. Hal ini akan mempercepat proses pemulihan nyeri sendi.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: