Toko Online Perang Diskon

Kata diskon saat ini masih menjadi daya pemikat yang ampuh untuk mengajak calon pelanggan benar-benar melakukan transaksi pembelian. Sekarang ini diskon tidak hanya bisa kita peroleh di departmen store dan mall-mall tapi juga terdapat di toko online. Apalagi bila yang didiskon adalah produk-produk yang dibutuhkan tentunya sangat meringankan pengeluaran kita. Karena bisa saja produk itu tidak sempat dibeli karena harganya yang masih terbilang mahal untuk dompet.

toko onlineSeksinya program diskon sehingga membuat orang-orang rela mengejar, di Jakarta muncullah event khusus diskon yang diprakarsai Pemda Jakarta, yaitu Jakarta Great Sale yang melibatkan mall-mall besar di Jakarta. Perhelatan ini dimulai sejak tahun 1980-an dengan nama Festival Pertokoan lalu berubah nama menjadi Pesta Diskon di tahun 1990-an, sebelum akhirnya disebut sebagai Jakarta Great Sale.

Walau keberadaan diskon dalam toko online bukanlah hal yang aneh, namun bisa menjadi suatu hal yang janggal apabila toko online tersebut hanya mengandalkan program diskonnya saja. Karena yang terpenting dalam mengelola toko online adalah bagaimana caranya tidak mengecewakan customer Anda. Cara ini bisa melalui kualitas barang yang sesuai dengan spesifikasi, ketersediaan barang dan pengiriman tepat waktu tanpa membuat customer bertanya-tanya kapan barang pesanan mereka tiba, serta pelayanan purna jual untuk menjaga kesetiaan customer berbelanja. Bila hal-hal ini sudah berjalan baik, tanpa program diskon pun, kepercayaan customer terjaga dan mereka tidak ragu untuk bertransaksi di toko online itu. Dan bukan suatu hal yang tidak bisa dihindari adalah promosi mouth to mouth yang dilakukan customer. Mengingat esensi kehadiran toko online adalah sebagai alternatif bagi kelompok target pasar yang tidak punya cukup waktu mengunjungi mall. Jangan sampai toko online yang dibangun jsutru dijuluki toko onlie.

Pemberian diskon memang cara yang efektif untuk mendorong penjualan, namun tidak selalu menjadi strategi yang jitu. Kebanyakan penjual menggunakan program diskon hanya melihat dari sisi mendongkrak volume penjualan. Hal yang perlu diingat adalah pembeli cukup pandai menilai apakah sebuah diskon itu benar-benar memberikan keuntungan kepada mereka atau tidak, karena umumnya barang yang pernah dijual diskon nantinya tidak terlihat dijual dengan harga yang lebih tinggi dari harga diskon. Itu menunjukkan kepada pembeli bahwa sebenarnya apa yang pembeli bayar untuk sebuah barang diskon memang harga yang selayaknya untuk barang tersebut.

Tapi mewujudkan toko online tanpa diskon sangat sulit. Karena toko online saat ini menghadapi persaingan dengan departemen store yang selalu menawarkan program diskon dan juga keberadaan toko online lainnya. Kondisi ini justru menimbulkan fenomena lain dalam dunia marketing toko online, yaitu perang diskon.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: