Mobil Alphard Dan Standar Bahan Bakarnya

Pada awal April social media dan media massa ramai memberitakan sebuah mobil Alphard yang tergolong mobil mewah tapi mengisi bahan bakar premium. Hingga saat ini, belum diketahui siapa pemilik mobil Alphard berwarna putih tersebut. Dipastikan mobil pabrikan Toyota itu mengisi bbm premium terlihat dari warna dispenser berwarna kuning yang menjadi warn acuan khusus untuk premium. Sedangkan dispenser dengan pompa berwarna biru identik dengan Pertamax dan untuk merah dipakai di Pertamax Plus.

Mobil AlphardCukup banyak yang mengomentari fenomena mobil Alphard mengisi premium. Salah satunya ekonom Dradjad Wibowo memaparkan orang kaya yang masih menggunakan Premium sebenarnya tidak bisa disalahkan 100 persen, karena tidak ada aturan tegas dari pemerintah.

Apa jadinya kalau mobil mewah sekelas mobil Alphard menggunakan bahan bakar subsidi premium? Menurut Kepala Bengkel Plaza Toyota Parman Suanda, premium tidak bagus untuk mobil mewah karena mobil mewah sekarang sudah dibuat untuk meminum bensin beroktan tinggi sebagai standar. Kalau bahan bakar tidak sesuai, mungkin dalam waktu dekat bersahabat dengan kantong, tapi dalam waktu lama-lama, mobil ngelitik alias performanya akan mengalami gangguan. Apabila pemilik mobil ngotot menggunakan premium untuk mobil Alphard atau mobil mewah lainnya, akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna sehingga menimbulkan kerak-kerak di ruang bakar serta katup-katup. Sehingga oktan rendah yang terkandung dalam premium menjadi penyebab katup cepat rusak, dan untuk mengatasinya harus membongkar setengah mesin atau cylinder head overhaul, serta ruang bakar harus dibersihkan. Bila pembongkaran ini harus dilakukan, maka beberapa part harus dibongkar seperti Gasket cylinder head, seal katup, dan katup-katup lainnya. Biaya perbaikan untuk kendaraan sekelas mobil Alphard kurang lebih 12 juta rupiah. Karena itu agar dikemudian hari pemilik mobil alphard dan sejenisnya tidak kelimpungan dengan biaya perbaikan yang cukup mahal, maka standar bahan bakar untuk mobil mewah tersebur adalah bahan bakar beroktan di atas Ron 90 atau minimal jenis bahan bakar sekelas Pertamax, yang tergolong bahan bakar non timbal.

Jadi sebelum mengisi bahan bakar, ada baiknya Anda memahami dulu kebutuhan bahan bakar mobil Anda. Bila memang ada keterbatasan dana, janganlah membeli mobil sekelas mobil Alphard. Belilah mobil yang sekiranya cocok untuk bahan bakar jenis premium. Dan yang pasti mobil Alphard bukanlah pilihan yang bijak untuk kantong bbm premium.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: