Rental Mobil Tanpa Memiliki Mobil

Bila Anda masih berpikiran bahwa untuk membuka perusahaan rental mobil, Anda harus punya modal mobil sendiri, sepertinya pemikiran itu hanya akan memperlambat niatan Anda untuk berwirausaha. Karena tanpa memiliki mobil satupun, Anda masih tetap bisa memulai dan membangun usaha sewa mobil, sambil menunggu saatnya Anda mampu membeli sejumlah unit mobil untuk disewakan.

Rental Mobil

Hal pertama yang bisa membantu Anda membangun usaha rental mobil tanpa harus memiliki mobil, milikilah koneksi dengan teman-teman atau kolega yang memiliki usaha rental mobil serta koneksi luas ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa sewa mobil. Pastikan bahwa kolega bisnis Anda tersebut memiliki strategi pemasaran yang baik.

Setelah mendapat kolega bisnis untuk usaha rental mobil, jalinlah kerjasama bisnis dengan mereka. Walau memiliki hubungan pribadi yang akrab dengan mereka, dalam hal rekanan bisnis, Anda harus memiliki perjanjian hitam atas putih yang mengikat keduabelah pihak dengan landasan hukum yang kuat. Di mana dalam perjanjian itu diatur secara detail hak dan kewajiiban Anda sebagai rekanan dalam usaha rental mobil, termasuk persentase berbagi keuntungan.

Berhubung Anda mengelola sebuah usaha penyewaan kendaraan tapi tidak memilikinya, maka peran terbesar Anda adalah yang terkait dengan marketing. Bagaimana caranya memiliki calon penyewa sebanyak-banyaknya, sehingga Anda pun semakin banyak memperoleh bagi hasil, merupakan fokus utama terbesar Anda. Selain itu Anda juga berhak memperhatikan kualitas pelayanan mobil rental, bila ada keluhan dari pelanggan, Anda perlu menanggapinya dan meneruskannya ke pemilik usaha rental, untuk menjaga kepercayaan dan kesetiaan pelanggan. Marketing ini tidak hanya bisa Anda lakukan dengan cara beriklan di media massa. Beriklan di media digital seperti internet perlu juga dipertimbangkan karena sekarang ini orang-orang lebih sering mencari informasi melalui internet.

Bila Anda melihat bahwa menjalin kerjasama dengan perusahaan rental mobil tidak memungkinkan, Anda pun tetap bisa membangun bisnis ini dengan cara lain. Salah satu caranya adalah dengan mengumumkan pada teman-teman Anda yang memiliki mobil dan ingin mobil mereka disewakan. Perlu juga membuat perjanjian tertulis mengenai pembagian hasil, biaya asuransi mobil dan perawatan mobil. Dengan cara inipun Anad masih bisa tetap berwirausaha rental mobil saat modal masih terbatas.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: