Cetak Foto dari Film Layar Lebar

Menciptakan foto atau cetak foto dari sebuah film layar lebar bisa dilakukan dengan menggunakan setting penyimpanan screen atau screenshot. Bila ingin mencetak dari potongan adegan film sebaiknya penggunaan fotonya hanya untuk koleksi pribadi, tidak untuk disebarluaskan apalagi dikomersialkan. Lain halnya bila Anda sudah memiliki hak untuk reproduksi cetak foto dari si pembuat film. Berikut cara cetak foto dari film layar lebar.

1. Putar film di computer Anda, entah itu dengan DVD atau streaming di internet.
2. Perkecil ukuran layar, sedikit lebih kecil dari ukuran layar penuh. Ukurannya tergantung pada seberapa besar hasil cetak foto yang Anda inginkan, pastika mouse bisa bekerja baik.

3. Hentikan adegan film yang ingin Anda cetak.

4. Gunakan fungsi tombol ‘print screen’ yang terdapat pada keyboard komputer Anda. Untuk komputer Mac, tekan tombol “Command” + “Shift” + “4” secara bersamaan. Tahan mouse, dan tentukan bagian adegan yang ingin Anda cetak dengan menggerakkan mouse Anda, lalu file gambar akan muncul di desktop Anda. Jika menggunakan PC, tekan tombol “print screen”. Lalu buka program word dan klik kanan untuk mencari pilihan paste, kemudian simpan file dalam format JPG atau PNG untuk mempermudah proses cetak foto.

5. Buka file tersebut dengan software editing foto. Jika menggunakan PC, Anda perlu menggunakan tool untuk meng-crop bagian foto yang tidak ingin dicetak.

6. Cek resolusi gambar dan set di antara 150 dan 300 DPI. Resolusi layar atau data yang tampil di gambar tersebut, biasanya direkam pada ukuran 72 DPI, sebagai standar resolusi layar digital. Minimal DPI untuk hasil cetak foto yang baik adalah 150 DPI.

7. Simpan gambar dan transfer ke mesin cetak computer. Cek gambar dan pastikan foto itu dicetak sesuai ukuran yang Anda inginkan. Akan ada batasan pada ukuran, karena gambar aslinya diperoleh melalui screenshot dan akan direkam pada ukuran layar dengan resolusi digital. Contohnya, jika Anda mengambil screenshot pada laptop yang kecil, gambar hanya akan memiliki dimensi sesuai dengan layar. Jika Anda merekam screenshot pada monitor yang lebih lebar, maka kesempatan untuk mendapatkan hasil cetak foto yang lebih baik sangat memungkinkan.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: