Sewa Mobil di Australia

Sementara kebanyakan kota-kota besar di Australia dan area pemandangan yang popular lainnya bisa dijangkau dengan pesawat ataupun kereta api, sewa mobil bisa jadi pilihan yang menawarkan kebebasan lebih leluasa lagi bagi wisatawan. Bahkan bukan suatu hal tidak mungkin dengan keleluasaan melalui sewa mobil, orang itu bisa mendapatkan destinasi wisata yang lebih unik, yang belum didatangi banyak orang.

sewa mobil

Berikut kiat sewa mobil di Australis yang patut Anda perhatikan sebelum mengusahakan sebuah mobil sewaan untuk menemani perjalanan Anda menjelajahi down under.

1. Lakukan riset sebelum Anda berangkat ke Australia. Kebanyakan perusahaan sewa mobil berskala besar di Australia mengizinkan kustomernya melakukan booking dari luar Australia, baik secara online atau melalui telepon. Untuk mendapatkan penawaran terbaik, sebaiknya Anda ‘melhiat-lihat’ lebih dahulu secara online dan rencanakan jadwal perjalanan Anda pada awal perjalanan.

2. Tentukan tipe mobil yang Anda butuhkan untuk perjalanan Anda. Kendaraan standar, seperti motor, cukup untuk perjalanan melihat-lihat teluk barat Australiam tapi banyak destinasi wisata lainnya yang kondisi alamnya sangat menantang sehingga Anda sebaiknya sewa mobil saja. Walau biayanya lebih besar, tapi petualangan dengan mobil tidak akan mengecewakan Anda mengingat medan perjalanan yang akan dihadapi cukup berat di luar kota besar di Australia, contohnya area outback.

3. Pastikan izin mengemudi Anda diterima. Kartu izin mengemudi Amerika Serikat dan Eropa diterima baik di Australia, karena aturan pemerintah di sana hanya mengizinkan dokumen izin mengemudi dalam bahasa Inggris, karena itu ada baiknya menyiapkan dokumen tersebut dalam bahasa Inggris.

4. Perhatikan batasan usia dalam menyewa mobil. Pada umumnya, perusahaan sewa mobil mensyaratakan pengemudi atau penyewa mobil minimal berusia 21 tahun, ada juga yang menetapkan batas minimal usia 25 tahun.

5. Ambil mobil sewaan Anda di bandara atau tempat pertemuan public lainnya. Pastikan Anda tidak hanya memegang lisensi mengemudi dan passport, tapi juga kartu kredit yang akan Anda gunakan untuk proses booking.

6. Cek perusahaan sewa mobil dengan teliti. Buatlah catatan mengenai kondisi mobil saat Anda pinjam, apakah ada kerusakan minor, agar Anda tidak disalahkan tanpa alasan jelas. Cek juga jarak tempuh mobil itu dan bahan bakar yang tersedia sebelum Anda mengendarainya.

7. Mintalah peta jalan dari perusahaan sewa mobil dan konsultasikan pada mereka mengenai area-area yang berbahaya medannya. Jika Anda berencana berangkat menuju area urban, maka ada baiknya mempersiapkan Outback Survival Kit.

8. Kembalikan mobil sewaan tepat waktu dan di tempat pengembalian yang telah disepakati untuk menghindari pengenaan biaya tambahan. Jika perusahaan sewa mobil mewajibkan Anda mengembalikan mobil dalam keadaan jumlah bahan bakar sesuai dengan saat Anda melakukan peminjaman, maka jangan lupa isi tangki bahan bakar.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: