Rambut Rontok dan Faktanya

Adalah normal kehilangan rambut setiap hari, karena faktanya adalah kita kehilangan 100-125 helai rambut per harinya. Dalam siklus pertumbuhan rambut, rambut yang rapuh akan jatuh dengan sendirinya. Kejadian ini biasa disebut rambut rontok. Pada waktu tertentu, 10% rambut kita berada dalam fase istirahat, dan setelah 2-3 bulan beristirahat, rambut rontok pun terjadi dan rambut baru akan tumbuh. Namun ada juga sejumlah orang yang mengalami kerontokan rambut melebihi normal.

rambut rontok

Salah satu fenomena yang mungkin terjadi terkait rambut rontok tersebut adalah androgenetic alopecia. Kerontokan jenis ini menyebabkan seseorang bisa kehilangan 95 persen rambutnya seiring pertambahan usia, yang dialami pria dan wanita. Hal ini tergolong normal sebagai bagian dari proses penuaan. Penyebab utama rambut rontok androgenetic alopecia adalah hormon testosterone. Berhubung pria yang memproduksi hormone ini lebih banyak, tidak heran bila ada pria mengalami kebotakan dini. Testosterone bisa diubah menjadi hormone dihydrotestosterone (DHT) dengan bantuan enzyme 5-alpha-reductase. DHT kemudian menyebabkan kantung rambut menipis sehingga selaput kulit kepala menebal, tidak elastis dan menghambat peredaran darah. Akibatnya kantung rambut tidak lagi produktif. Sebagai hasilnya, ketika terjadi rambut rontok, rambut penggantinya tidak dapat tumbuh kembali.

Penyebab rambut rontok lainnya adalah kondisi kesehatan seseorang seperti jamur, menopause, darah encer, pil pengendali kehamilan, terlalu banyak vitamin A, kemoterapi dan pengobatan encok. Termasuk juga diet tidak seimbang yang bisa memengaruhi kondisi hormon. Kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh penggunaan aksesoris rambut. Jadi bagi wanita yang gemar menghias rambutnya dengan aksesoris, pastikan aksesoris yang Anda pilih tidak memberatkan apalagi menyiksa rambut Anda.

Untuk mengatasi rambut rontok secara alami, sebaiknya Anda menghindari dosis vitamin A berlebihan dan banyak berolahraga, salah satunya adalah yoga. Pakailah sampo dan kondisioner khusus perawatan rambut rontok, dan sesekali oleskan minyak zaitun ataupun rosemary. Khusus pria, mengkonsumsi obat herbal seperti palmetto dan akar licorice bisa menghambat pembentukan DHT. Tapi sangat disarankan untuk mengunjungi dokter atau pakar rambut bila rambut rontok Anda sudah melebihi batas normal untuk hasil periksa yang lebih akurat, juga pengobatannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: