Asuransi Kesehatan dan Sejarahnya

Praktik asuransi, secara luas, memiliki sejarah yang panjang terkait kontrak dan prosedur yang didesain untuk melindungi orang-orang dari kerugian harta benda. Jaminan pada pinjaman harta dan asuransi berdasarkan kehatia-hatian dalam distribusi barang melalui pengapalan di zaman dahulu adalah model asuransi yang muncul sejak ribuan tahun lalu, tepatnya sebelum tahun masehi. Dan dalam asuransi jiwa pun memiliki sejarah panjang dan khas yang merefleksikan kesadaran umat manusia akan kematiannya sendiri. Dalam hal asuransi kesehatan juga memiliki sejarah yang berkembang, yang awalnya merupakan pelayanan standar yang ditunjukkan dalam bentuk pertukaran biaya. Bermula di Mesopotamia, di bawah panduan Code of Hammurabi, didefinisikan bahwa perawatan kesehatan yang berhasil, yang ditandai melalui operasi dengan pisau, dibayar sepantasnya. Artinya, bila pasien berasal dari kalangan atas, maka biaya operasi yang harus dibayar meningkat sesuai dengan kemampuan ekonominya. Namun bila operasi gagal, maka dokter atau ahli bedah yang menangani akan membayar sejumlah biaya kepada pasiennya. Dalam kata lain kompensasi dan pertanggungjawaban adalah bentuk asuransi kesehatan di awal peradaban manusia.

asuransi kesehatan

Tapi perjanjian dalam asuransi kesehatan benar-benar menjadi isu vital dan kontreversial pada awal abad 20-an, di mana jasa kesehatan tampil dalam kemasan institusi dan semakin maju, dan biaya pelayanannya pun terus mengalami peningkatan. Dan apa yang bisa disebut-sebut sebagai perencanaan asuransi kesehatan pribadi pertama kali tersedia di Amerika Serikat sepanjang perang sipil yang terjadi di sana. Perencanaan asuransi kesehatan itu merupakan asuransi yang melindungi individu dari kecelakaan saja akibat perjalanan dengan kereta api dan sejenisnya. Perusahaan asuransi kesehatan itu adalah Massachusetts Health Insurance of Boston, yang menawarkan kebijakan asuransi yang menawarkan benefit pada tahun 1847. Kesuksesan perencanaan asuransi kesehatan tersebut sangat berhasil, sehingga pelayanannya berkembang dalam bentuk program-program yang lebih beragam lagi, seperti asuransi kesehatan akibat penyakit dan cacat tubuh.

Meski bisnis asuransi kesehatan secara modern muncul pertama kali di Amerika Serikat, namun istilah yang dipakai perusahaan asuransi kala itu adalah asuransi untuk penyakit atau sickness insurance. Adalah Inggris yang pertama kali secara resmi menggunakan istilah “asuransi kesehatan (health insurance)”. Hal ini termaktub dalam aturan resmi Inggris, yaitu National Insurance Act, pada 1911, dan kemudian istilah itulah yang dikenal luas.

Sayangnya dalam kurun waktu 1920-an, kebanyakan orang masih merasakan asuransi kesehatan itu tidaklah penting. Namun pada awal tahun 1930, sekelompok guru yang mengajar di kota Dallas berinisiatif untuk bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit di sana untuk sama-sama menyediakan perencanaan asuransi kesehatan bagi penduduknya. Dalam kerjasamanya, mereka sama-sama menentukan jenis penyakit dan jangka waktu opname yang akan ditanggung asuransi kesehatan berdasarkan tingkatan premi asuransi yang dibayarkan di muka oleh pemiliknya. Pelayanan rumah sakit yang dibayar di muka ini sangat membantu penduduk di sana dalam meringankan biaya pengobatan mereka, terlebih lagi saat masa depresi ekenomi yang melanda Amerika Serikat di tahun 1930-an. Model asuransi kesehatan ini kemudian dianjurkan oleh American Hospital Association untuk diadopsi rumah sakit lainnya di luar Dallas. Dan kemudian model ini juga berkembang hingga ke negara-negara di luar Amerika, melalui beragam perusahaan asuransi kesehatan.

Sumber: http://www.neurosurgical.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: