Perawatan Mobil Mercedes-Benz

Mobil Mercedes-Benz terkenal dengan kualitasnya yang tahan lama, aman, dan mesin-mesinnya yang didesain oleh tenaga ahli mumpuni. Tidak heran mobil-mobil keluaran Mercedes masuk ke jajaran mobil kelas wahid. Tetapi, walau mobil asal Jerman ini tergolong mobil mewah, tetap membutuhkan perawatan mobil agar kualitasnya tetap terjaga. Mengingat biaya perbaikan dan suku cadangnya yang terbilang mahal, dan biasanya harus masuk daftar tunggu bengkel untuk perbaikan. Jadi walau mobil ini berteknologi tinggi, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil ini untuk membantu mereka menghemat bahan bakar, menghindari kerusakan dan keluar masuk bengkel dan menjamin mesin selalu dalam kondisi oke. Salah satu hal itu adalah melakukan perawatan mobil berkala.

Perawatan Mobil

Oli dan Filter

Perubahan oli bisa jadi hal terpenting dalam prosedur perawatan mobil, untuk menjamin kondisi mesin selalu oke. Harga oli sintetis lebih mahal dari oli biasa, tapi lebih tahan lama dan performanya lebih baik. Dalam perawatan mobil terkait oli, ceklah oli setiap 7500 mil atau per enam bulan. Jika Anda tetap memilih oli tradisional, pengecekan oli dilakukan setidaknya setiap 5000 mil. Bahan bakar dan filter udara sama pentingnya untuk dirawat, agar tidak ada debu-debu atau kotoran menyumbat proses kerja mereka.

Perawatan ban

Perawatan mobil pada bagian ban harus dilakukan seminggu sekali. Setidaknya Anda mengecek kondisi ban apakah masih layak jalan atau tidak. Pastikan tekanan udara dalam ban stabil, dengan begitu Anda akan memiliki ban yang memiliki masa kerja lebih kama dan meningkatkan penghematan penggunaan bahan bakar.

Pendingin ruangan dan fitur mobil

Dalam perawatan mobil, memperhatikan kondisi pendingin udara dan fitur mobil lainnya, seperti sabuk pengaman, hoses dan sensor, sangat penting untuk factor kenyamanan dan keamanan Anda.

Mencuci mobil

Mencuci mobil secara teratur dan me-waxing mobil Mercedes Anda adalah salah satu usaha perawatan mobil yang paling dianjurkan. Detail kebersihan mobil harus diperhatikan, dari interior sampai eksterior agar mobil Anda terkesan baru dan terawat sehingga bila ada keinginan untuk menjualnya kembali, nilai jualnya tidak menurun drastis.

Cek konten cairan

Cek oli, coolant, cairan pembersih setiap minggu. Cek juga power steering, rem dan transmisi cairan setiap bulan. Sebaiknya mengikuti panduan yang sudah dianjurkan oleh Mercedes Manual Book dalam hal perawatan mobil Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: