Manga Anime Gundam

Manga anime Gundam sudah diedarkan sejak tahun 1979. Walau kemunculannya lebih dari dua decade yang lalu, namun manga anime asal Jepang ini masih saja populer hingga saat ini di seluruh dunia. Salah satu karakternya yang terkenal adalah robot RX-78-2 Gundam.

Manga AnimeKisah manga anime Gundam ini mengetengahkan peperangan antara Zeon dan Earth Federation Space Force. Peperangan antar dua kubu ini berlangsung selama setahun, yang dalam ceritanya menggunakan tahun fiksional 0079 Universal Century. Perang itu pun disebut One Year War atau Perang Satu Tahun. Adapun penyebab Perang Satu Tahun tersebut adalah usaha Zeon mendeklarasikan diri sebagai negara yang merdeka, melalui perang kemerdekaan yang mereka lakukan. Konflik ini pun merembet ke penghuni bumi sampai ke luar angkasa. Cerita manga anime ini semakin seru saat Zeon untuk pertama kalinya berperang, sudah berhasil menciptakan senjata sendiri yang berbentuk humanoid, dan mereka sebut Mobile Suit (robot). Pasukan Zeon ini dikirim ke luar angkasa untuk mengawasi gerak gerik Earth Federation Space Force. Hingga salah satu dari pasukan Zeon melanggar perintah dengan melakukan penyerangan terhadap kelompok Earth Federation Space Force, sehingga senjata mutakhir yang tengah diciptakan oleh kelompok tersebut, yang kemudian dikenal sebagai Gundam, terlihat oleh warga di sana. Kejadian di atas pun memancing peperangan yang tidak terhindarkan. Penduduk pun bergabung dengan pasukan Earth Federation Space Force melawan kelompok Zeon. Setelah perang usai, warga dan beberapa robot Earth Federation Space Force mencoba membangun kehidupan mereka bersama di atas sebuah kapal induk. Kisah manga anime ini pastinya meninggalkan kesan tersendiri bagi penggemarnya. Manga anime ini tidak hanya mengedepankan cerita peperangan, tetapi juga bagaimana manusia bisa bertahan dan meraih kehidupan mereka kembali.

Sejak Bandai menerima lisensi terhadap pembuatan mrechandise serial manga anime ini, banyak hal yang berubah secara signifikan. Dengan diperkenalkannya beberapa model Gundam milik mereka, popularitas serial manga anime Gundam pun mulai merangsek naik. Model Gundam pun laris terjual, dan bahkan serialnya pun diulang dalam bentuk film teater yang berisi kompilasi 43 episode serial manga anime Gundam.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: