Baju Wanita Muslim dan Istilahnya

Baju wanita muslim dikenal sebagai gaya berpakaian yang sederhana oleh dunia barat. Ciri khasnya yange menutupi sebagian besar bagian tubuh, termasuk lengan dan kaki, membuat baju wanita muslim memiliki ciri khasnya sendiri, dan masih dipandang sebagai sesuatu hal yang tidak lazim oleh masyarakat barat.

Di Indonesia busana muslim untuk wanita biasa disebut jilbab. Padahal jenis baju wanita muslim tidak hanya jilbab, tapi memiliki banyak macamnya. Berikut beberapa istilah untuk jenis-jenis baju wanita muslim yang patut Anda ketahui.

1. Hijab

Baju wanita muslim yang pertama, dan lebih banyak digunakan oleh perempuan Indonesia, adalah Hijab. Ada juag yang menyebutnya shaylah atau tarhah. Lebih spesifik, hijab mengacu pada sehelai kain segi empat atau semacamnya yang dilipat kemudian digunakan sebagai penutup kepala, dan dikencangkan dengan peniti, layaknya scarf untuk kepala.

2. Khimar

Istilah umum untuk kerudung wanita. Istilah ini terkadang digunakan untuk menjelaskan gaya khusus sebuah scarf yang menutupi sebaian tubuh wanita bagian atas hingga ke pinggul.

3. Abaya

Baju wanita muslim yang satu ini banyak dikenakan di negara-negara teluk Arab. Di mana perempuan di sana menggunakan pelapis luar untuk menutupi pakaian yang mereka kenakan. Biasanya Abaya terbuat dari bahan serat sintetis, terkadang dihiasi dengan bordiran berwarna. Abaya bisa dikenakan untuk menutupi seluruh badan atau hanya sampai bagian bahu. Abaya dikenakan cukup ketat menutupi seluruh bagian busana wanita yang dia kenakan di dalamnya.

4. Chador

Chador adalah semacam jas panjang atau jubbah tipis yang dikenakan wanita muslim untuk menutupi kepala, yang panjannya bisa menyentuh tanah. Wanita muslim Iran biasa menggunakan chador tanpa penutup wajah. Tidak seperti Abaya, chador kadang tidak diketatkan pada tubuh bagian depan.

5. Jilbab

Baju wanita muslim yang sangat popular adalah jilbab. Jilbab adalah kain semacam jubbah yang dikenakan wanita muslim di hadapan public. Hampir sama dengan Abaya tapi jilbab lebih ketat dan tersedia dalam banyak variasi warna, bahan, dan ornament.

6. Niqab

Niqab adalah bagian dari baju wanita muslim yang digunakan untuk menutup wajah, yang hanya menyisakan bagian mata yang dapat dilihat oleh orang lain.

7. Burqa

Baju wanita muslim yang paling ekstrem adalah Burqa yang dikenakan untuk menutup seluruh tubuh, termasuk bagian mata. Namun untuk bagian mata, lapisan kain burqa lebih tipis untuk memudahkan wanita yang memakainya dalam memandang. Di Afghanistan, Burqa banyak dipakai oleh para wanitanya.

8. Shalwar Khamez

Baju wanita yang satu ini berupa celana panjang dipadukan dengan tunik berlengan panjang.Di negara India, Shalwar Khamez banyak dipakai oleh para wanita muslim.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: