Toko Online dan Kiat Memulainya

Bagi wanita karier yang berumah tangga, cukup sulit mengatur waktu bersama dengan anak dan menyelesaikan pekerjaan. Solusi umum yang biasa ditempuh adalah mereka meninggalkan pekerjaan demi membesarkan buah hatinya. Tapi di sisi lain, seorang ibu yang sudah terbiasa memiliki penghasilan sendiri akan merasa dunianya terbatas oleh urusan rumah tangga. Untunglah sekarang sudah ada alternatif bisnis yang bisa dirintis oleh ibu-ibu rumah tangga mantan wanita karier, yakni toko online.

toko online

Toko online memungkinkan seorang ibu bekerja di rumah sambil menjaga dan mengawasi tumbuh kembang anak-anak. Salah jeni bisnis toko online yang bisa dirintis dan hingga saat ini masih menjual, adalah toko baju online. Selain kelebihan di atas, ada banyak benefit lainnya yang bisa diperoleh dari bisnis toko online, termasuk pembiayaan yang cukup rendah, karena harga perangkat yang dibutuhkan murah dan Anda tidak perlu mempekerjakan pegawai khusus di tahap awal. Di sisi lain, sebagai pemula bisnis toko online, Anda tidak bisa menutup mata pada kehadiran toko online yang muncul kemudian tenggelam. Hal ini biasanya disebabkan pengelola toko online tidak mampu mengelola pengunjung toko onlinenya untuk melakukan kunjungan lagi. Jadi aturan pengunjung yang pertama dan persediaan adalah urusan kedua merupakan aturan yang baik untuk diikuti. Aturan lainnya yang patut Anda ikuti dalam merintis toko online adalah sebagai berikut.

1. Riset kemungkinan-kemungkinan yang bisa diwujudkan dari ide-ide Anda. Hal ini termasuk mengidentifikasi dan mengukur posisi yang Anda inginkan untuk toko online Anda, termasuk posisi pasar. Tentukan range harga dan kebiasaan berbelanja kostumer yang menjadi target Anda. Dapatkan suplier yang bisa menjamin ketepatan waktu dan kesediaan barang dalam jumlah sekecil apapun.

2. Buatlah profil target kostumer Anda dan manfaatkan data ini sebagai dasar strategi marketing untuk toko online Anda. Anda bisa melakukan riset melalui Facebook dan media sosial lainnya. Jika Anda memiliki anggaran lebih, tidak ada salahnya melakukan pemasaran melalui pemasangan iklan, karena adalah salah satu bentuk investasi untuk menarik pelanggan menuju toko online Anda.

3. Tuliskan perencanaan bisnis Anda, termasuk asumsi targe pelanggan Anda, produk yang ditawarkan, penyedia atau supplier dan asumsi pencapaian lainnya untuk perencanaan toko online Anda.

4. Rencakanan website Anda dan marketing online yang merefleksikan pencitraaan yang kuat untuk toko online Anda. Sekali lagi, ini adalah salah satu cara berinvestasi. Branding online dan marketing adalah ilmu pengetahuan yang jika Anda melakukannya sesuka hati hanya akan mendatangkan kegagalan. Manfaatkan domain dan website hosting serta tools yang mereka tawarkan dan selalu mengupdate website yang menjadi toko online Anda. Sediakan kantong belanja (shopping cart) dan tracking pengunjung di toko online Anda.

5. Aplikasikan strategi marketing Anda untuk meluncurkan toko online Anda. Salah satu cara untuk menarik pengunjung menuju toko online Anda adalah dengan menyediakan informasi yang berguna. Tawarkan diskon untuk produk-produk tertentu agar semakin banyak yang tertarik bergabung di toko online Anda lalu sediakan kolom pendaftaran di mana mereka bisa meninggalkan informasi seputar email mereka dan informasi lainnya yang kemudian data-data mereka bisa menjadi database Anda.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: