Belanja Online dan Situasinya di Indonesia

Belanja online sangatlah popular di antara pengguna internet. Hampir 85 persen pengguna internet di Amerika Serikat melakukan belanja online. Di korea angka pelaku belanja online lebih fantastis lagi, yakni 99 persen, dan merupakan salah satu negara yang paling populer di mana pengguna internet melakukan belanja online. Belanja online memanglah mudah, cepat dan nyaman karena customer bisa bertransaksi secara pribadi di rumah mereka. Walau ada saja risiko yang harus ditanggung oleh pelaku belanja online, yaitu kejahatan dunia cyber yang bisa saja menimpa mereka. Namun hal ini bisa dihindari bila berhati-hati dan hanya melakukan transaksi online di situs-situs komersial yang kredibel.

belanja onlineDi Indonesia sendiri, belanja online atau belanja daring mulai jadi gaya hidup masyarakat di Indonesia. Bayangkan saja jumlah pengunjung situs belanja online mencapai 10 juta pengunjung per minggu. Angka ini masih jauh lebih banyak dibanding dengan jumlah pengunjung 14 mal besar di Jakarta yang rata-rata cuma dikunjungi 35 ribu pengunjung setiap harinya. Tapi bila melihat data statistik terakhir, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia saat ini dari sektor industri internet baru mencapai sekitar 1,6 persen saja. Padahal, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengakses internet terbesar di dunia setelah Amerika Serikat, China, India, Brazil, dan Belanda.

Meski demikian, potensi situs belanja online di tanah air memang besar. Berdasarkan hasil survei ComScore, 50 persen dari pengguna internet di Indonesia telah mengunjungi situs ritel di 2010. Jumlah tersebut naik 41 persen dari tahun 2009. Sekadar catatan, jumlah pengguna internet di Indonesia sekitar 50 juta pengguna. Sekitar 50 persen dari jumlah tersebut mengakses internet melalui ponsel. Sedangkan pengguna desktop mencapai 15 juta pengguna. Sementara itu CEO PT Indonesia Payment Solution, Ivan Sebastian mengatakan, total finansial transaksi online pada 2010 lalu saja tercatat sebesar USD 3,4 miliar.

Adapun jenis produk terbanyak dalam transaksi belanja online adalah kategori gadget atau belanja hp online dan barang-barang elektronik seperti IPad, HP, BlackBerry, dan suku cadang komputer. Di urutan kedua adalah kategori barang-barang hobi atau kolektor seperti alat-alat olahraga, permainan, dan aksesori.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: