Perawatan Rambut Dikeriting

Perawatan rambut untuk rambut yang sengaja dikeriting tidak sama dengan yang berambut keriting asli. Mengingat dalam proses pengeritingan, rambut diberi obat kimia untuk mempertahankan kualitas keriting rambut. Sehingga untuk tindakan perawatan rambut membutuhkan treatment khusus untuk menjaga kealamian rambut, sekaligus mempertahankan rambut keriting Anda agar selalu tampil cantik.

perawatan rambut1. Perawatan rambut yang wajib Anda jalani adalah tidak bersampo selama sehari atau dua hari setelah pengeritingan, sesuai anjuran penata rambut Anda. Selama periode tersebut, rambut Anda sedang menyesuaikan diri dengan kimia dan proses pengeritingan. Pada tahap ini rambut Anda juga dalam keadaan rapuh.

2. Perawatan rambut selanjutnya adalah mencuci rambut atau bersampo dengan sampo khusus perawatan rambut berkimia. Shampo khusus rambut dikeriting memiliki kandungan bahan yang lebih ringan, beda dengan rambut regular yang terlalu berbahaya untuk rambut yang baru dikeriting karena kandungan kimianya lebih banyak lagi.

3. Oleskan kondisioner setelah keramas untuk menjaga rambut sekaligus merawat rambut dari kekeringan akibat pengeritingan. Seperti shampoo, kondisioner pun harus yang khusus rambut berkimia. Kondisioner akan berperan melapisi kutila rambut yang terkunci oleh kimia. Juga berfungsi untuk membuat rambutlebih mudah diatur sehingga Anda tidak sampai menyakiti rambut saat mencoba untuk menyisirnya.

4. Keringkan rambut dengan handuk, tekan rambut perlaha-lahan, jangan digosok dengan rambut. Jangan juga mengikat rambut dengan handuk. Tindakan di atas hanya akan membuat rambut rapuh dan mengurangi kelembaban rambut.

5. Sisir rambut dengan sisir bergigi jarang dan lebar. Penyisiran yang tepat juga termasuk dalam proses perawatan rambut, karena itu jangan sikat rambut Anda. Sisir bagian bawah rambut lalu menuju bagian atas rambut. Sisir secara perlahan. Bisa juga semprotkan cairan pelembab rambut tambahan yang tidak perlu dibilas bila jenis rambut Anda kering. Hal ini juga bisa mempermudah penyisiran.

6. Bila terpaksa menggunakan mesin pengering rambut atau ingin mengeblow rambut, atur suhu yang rendah. Angin dari pengering rambut dan suhu terlalu panas bisa memecah kutikel rambut. Lebih baik menggunakan pengering hingga rambut kering sekitar 85 sampai 90 persen lalu biarkan rambbut mengering sendiri agar terhindar dari rambut kaku.

7. Perawatan rambut selanjutnya adalah dengan menghindari produk styling yang mengandung alcohol, yang bisa membuat rambut semakin kering, setelah sebelumnya mengalami stress karena pengeritingan kimia yang Anda lakukan. Menggunakan mouses rambut tidak mengapa asalkan bebas alkohol.

8. Jika Anda ingin rambut keriting Anda bertahan lama, atau ingin memulihkannya kembali, lakukan perawatan rambut yang ditangani stylist Anda setelah 4 atau 6 minggu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: