Chat Room dan Pengenalannya

Chat room adalah tempat nongkrong popular di Internet. Banyak remaja, orang tua dan pebisnis memanfaatkan chat room sebagai metode komunikasi untuk berhubungan dengan keluarga, teman dan rekan kerja.

Sementara chat room sangat berguna dan menguntungkan, di sisi lain, chat room bisa dimanfaatkan oleh sejumlah predator sebagai tempat mereka mencari korban berikutnya. Di bawah ini merupakan pengenalan chat room dan cara aman berada di chat room.

Fungsi

chat roomChat room dipakai oleh dua orang atau lebih penggunan internet untuk mengobrol dan saling memberikan feedback secara tekstual atau menggunakan microphone. Chat room bisa ditemukan di messenger atau website khusus live chat seperti www.paltalk.com/id/. Beberapa chat room kini memiliki fitur di mana orang-orang pun bisa saling melihat satu sama lain sambil mengobrol.

Tipe

Ada beberapa tipe chat room yang tersedia secara online. Ada yang menciptakannya khusus untuk kepentingan bisnis, sementara yang lainnya untuk hiburan dan kesenggangan semata. Chat room didesain untuk menarik banyak orang. Beberapa ada yang menyasar ke remaja saja atau umum. Sekarang ini program televise sudah menyediakan chat room sendiri untuk pemirsanya sehingga mereka bisa berinteraksi langsung dengan narasumber program.

Keuntungan

Ada beberapa keuntungan mengakses chat room. Chat room adalah salah satu alternatif komunikasi bisnis bila kondisi waktu dan tempat tidak mengizinkan Anda dan klien berada di satu tempat dan waktu yang sama. Misalnya klien Anda berada di luar negeri. Beberapa chat room ada yang sengaja diciptakan sebagai tempat mempromosikan produk niaga.

Pertimbangan

Saat mengobrol di chat room, sangat perlu untuk mempertimbangkan posisi dan kondisi orang lain. Berikan feedback yang baik saat ada yang mengajak Anda mengobrol. Atau bila Anda hanya ingin berkomunikai dengan satu orang saja, klik nama/username orang itu, jangan gunakan chat room umum untuk memanggil orang itu. Juga pertahankan pembicaraan dengan menggunakan bahasa yang sopan walau informal dan membahas topic yang bersih tapi menyenangkan. Lain halnya chat room di mana Anda bergabung khusus mendiskusikan topic-topik sensitif.

Peringatan

Jangan pernah memberikan informasi pribadi di chat room. Hindari penggunaan nama asli bila teman chatting Anda adalah orang asing, yang belum Anda kenal baik secara personal. Jangan terlalu mengumbar cerita pribadi kepada teman chatting Anda, karena ada saja kemungkinan Anda menjalin komunikasi bukan dengan user sebenarnya, tapi temannya atau seseorang yang tidak Anda kenal sebelumnya. Jika anak Anda menggunakan chat room untuk berkomunikasi dengan teman-temannya, awasi anak Anda dan berikan edukasi mengenai predator di internet. Ada baiknya tidak membiarkan anak-anak menggunakan chat room, karena mereka adalah sasaran mudah bagi penjahat internet.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: