Anti Karat Mobil dan Solusinya

Anti karat mobil, apakah maksudnya ini? Sebelum menyinggung anti karat mobil dan bagaimana cara mengusahakannya, ada baiknya mengetahui apa itu karat. Karat merupakan korosi logam yang diakibatkan oleh reaksi udara dan air, atau oksidasi suatu logam. Besi yang mengalami korosi membentuk karat. Korosi atau proses pengaratan merupakan proses elektro kimia. Pada proses pengaratan, besi bertindak sebagai pereduksi dan oksigen yang terlarut dalam air bertindak sebagai pengoksidasi. Besi atau logam yang berkarat bersifat rapuh, mudah larut, dan bercampur dengan logam lain, serta bersifat racun. Hal ini tentu berbahaya dan merugikan. Industri makanan dan farmasi tidak boleh menggunakan menggunakan logam yang mudah berkarat. Hal ini disebabkan karat yang terbentuk mudah larut dalam makanan, obat-obatan, atau senyawa kimia yang diproduksi. Oleh sebab itu, untuk kepentingan industri biasanya menggunakan peralatan stainless yang antikarat.Sementara untuk otomotif sudah ada produk kimia anti karat mobil.

anti karat mobilAda beberapa metode untuk menghindari terjadinya karat atau mencegah pembentukan karat. Cara pertama mencegah karat diantaranya adalah perlindungan katodik, di mana besi dirancang sebagai katoda dalam baterai, sehingga saat ada kontak dengan air akan tercipta potensi elektroda yang negatif, artinya elektroda itu tidak akan bereaksi dengan air, melainkan menghasilkan elektron untuk mencegah besi berkarat.

Teknik anti karat berikutnya adalah Bluing. Bluing merupakan cara pencegahan karat untuk benda-benda terbuat dari baja, seperti senjata api dengan menggunakan minyak khusus yang digosokkan ke benda. Atau bisa juga berupa cat yang dioleskan pada permukaan. Disebut juga pengendalian korosi, teknik ini dilakukan dengan menggunakan coating untuk mengisolasi logam dari lingkungan dengan bantuan cat yang mengandung bahan kimia untuk menghambat karat, contohnya car anti karat mobil.

Bluing merupakan teknik yang dipakai sebagai solusi anti karat mobil dan kendaraan besar lainnya seperti kapal. Tapi khusus mobil jenis Jaguar XJ dan Audi A8, memiliki anti karat mobil berjangka waktu lama. Hal ini karena bodi dua mobil mewah ini menggunakan material aluminium. Bodi mobil bisa berkarat, penyebab utamanya adalah kontak dengan air hujan. Bila air hujan masuk ke celah-celah dan sudut bodi lalu tercampur dengan kotoran seperti pasir dan lumpur, serta tidak ada perawatan mobil yang dilakukan oleh pemiliknya, maka mobil itu akan lebih cepat berkarat. Sebelum karat terjadi, ada baiknya mengolesi cairan anti karat mobil sedini mungkin.

Namun sebenarnya solusi anti karat mobil yang manjur adalah perawatan kendaraan secaar regular. Memang kita tidak dapat menghilangkan karat yang terjadi akibat proses alami, tapi setidaknya kita bisa memperlambat proses itu, atau bahkan mencegahnya jangan sampai terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: