Parfum Original dan Sejarahnya

Parfum original pada awalnya disebut-sebut Eau de Cologne yang dibuat dari ekstrak pohon jeruk yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1709 oleh Giovanni Maria Farina, seorang pembuat parfum asal Santa Maria Maggiore Valle Vigezzo, Italia. Pada 1708, Farina menuliskan kepada adiknya Jean Baptiste, bahwa dia telah menemukan racikan parfum original yang mengingatkan dia akan musim gugur di Italia, akan pegunungan bunga dan aroma jeruk yang segar setelah musim hujan. Ia menamai parfum pertamanya itu, Eau de Cologne, sebagai rasa hormat pada kampung halamannya.

parfum originalParfum original pertama itu kemudian dikembangkan oleh Farina dan saat itu hanya dijual ke kaum bangsawan. Kemampuannya memproduksi wewangian homogen yang secara konstan mengandung lusinan monoessences dipandang sebagai suatu sensasi di kala itu. Dan Eau de Cologne dipercaya sebagai parfum original pertama di dunia yang diproduksi untuk tujuan komersial. Harga sebotol kecil Eau de Cologne zaman itu senilai setengah gaji pegawai sipil dalam setahun. Saat perdagangan bebas dibentuk di kota Cologne oleh Pemerintah Perancis di tahun 1797, kesuksesan Eau de Cologne membuat pedagang lain ikut menciptkan parfum di bawa nama yang sama, Eau de Cologne.

Formula parfum original karya Farina sejak 1709 sampai saat ini masih menjadi misterius. Tokonya di Obenmarspforten dibuka di tahun yang sama dan sampai sekarang masih merupakan pabrik parfum original tertua di dunia. Seabad kemudian, buyut Farina, Jean Marie Joseph Farina, membuka bisnis parfum di Paris namun dijual kepada Roger & Gallet. Perusahaan itu sekarang memegang hak Eau de Cologne. Dan sampai sekarang, Eau de Cologne, atau orang-orang menyebutnya “cologne”, menjadi istilah umum. Istilah “cologne” bisa berlaku untuk parfum original untuk pria dan wanita.Ada fakta unik seputar parfum original Eau de Cologne jenis Troynoy (parfum beralkohol tinggi). Di beberapa Negara pecahan Soviet, Troynoy digunakan secara luas oleh penggemar minuman keras dari kelas bawah sebagai alternatif minuman alcohol karena harganya yang lebih murah disbanding vodka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: