Perawatan Kulit dengan Pisang

Sudah terbukti bahwa pisang bisa digunakan juga untuk perawatan kulit bagi kulit yang bermasalah karena suatu penyakit kulit, disengat serangga, dan semacamnya. Meski demikian, bagaimana kulit pisang bekerja dalam merawat kulit, masih menjadi misteri. Tapi berdasar ilmu pengetahuan, kulit pisang mengandung lutein, sebuah zat antioksisan, dan potassium. Jadi mungkin dua zat ini yang memulihkan saat Anda menggosokan bagian dalam kulit pisang ke kulit, sebagai salah satu ritual perawatan kulit. Bila Anda menderita kutil, sengatan lebah, dan penyakit kulit lainnya, jangan ragukan pisang sebagai obat penyembuhnya. Cara perawatan kulit dengan kulit pisang adalah sebagai berikut:

perawatan kulitBila Anda menderita penyakit kulit, gosokan bagian dalam kulit pisang pada area yang terinfeksi dan walau awalnya kulit Anda kemerahan bukan berarti tidak efektif. Anda bisa melihat perbedaanya pada kulit Anda setelah beberapa hari.

  1. Menyembuhkan jerawat. Sekali lagi gosokkan bagian dalam kulit pisang pada jerawat, baik yang terdapat di wajah dan tubuh Anda, dan jerawat Anda akan hilang setelah beberapa kali pemakain. Sebaiknya perawatan kulit ini dilakukan saat malam sebelum tidur.
  2. Bila Anda disengat serangga dan keracunan, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada area kulit yang tersengat. Reaksi awalnya adalah gatal-gatal akan menghilang lalu kulit akan berhenti meradang. Lakukan lagi seperlunya. Jadi ada baiknya membawa pisang saat Anda memutuskan untuk berkemah di tengah hutan atau jelajah hutan, sehingga tetap bisa melakukan perawatan kulit sewaktu-waktu.
  3. Untuk menyembuhkan kutil, perawatan kulit yang dibutuhkan adalah Anda cukup menggosokan kulit pisang pada kutil setiap malam selama seminggu dan Anda akan lihat tahap pemulihannya. Jika Anda malas atau sedang terburu-buru melakukan hal lain, tempelkan saja kulit pisang pada kutil itu sepanjang malam, dan kutil itu akan menghilang dalam waktu seminggu atau dua minggu.

Selain kulit pisang, daging pisang juga bisa untuk perawatan kulit dengan tujuan kecantikan. Salah satunya menjadi bahan masker. Caranya hancurkan seperempat pisang di sebuah wadah mangkok. Di mangkok terpisah, kocok putih telur hingga mengembang. Tambahkan satu sendok makan tepung jagung pada putih telur itu dan aduk merata. Kemudian tambahkan pisang yang sudah dihancurkan tadi ke campuran tersebut hingga menjadi krim. Langkah terakhir adalah oleskan tipis-tipis krim ke wajah, dan biarkan hingga mengering sampai 30 menit. Lalu bilas wajah dengan air hangat. Bila masih ada sisa krim, sebaiknya simpan di kulkas untuk perawatan kulit keesokan harinya. Tapi sayangnya krim masker pisang itu hanya baik dimanfaatkan setelah tiga hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: