Print Digital untuk Cetak Foto Maksimal

Dengan print digital, memungkinkan kita untuk mencetak foto dengan ukuran semaksimal mungkin. Tidak seperti teknik cetak lainnya yang tergolong tradisional, seperti litograf, print digital dengan proses kerjanya yang serba komputer, Anda tinggal meletakkan kertas di mesin cetak lalu tekan tombol cetak. Teknologi ini, bagaimanapun juga tidak membatasi kreativitas yang dibutuhkan oleh seniman grafis.

print digital1. Belilah atau gunakan kamera digital beresolusi tinggi. Kamera digital semakin canggih dan harganya pun semakin bersaing. Semakin tinggi resolusinya, semakin detail gambar yang bisa dihasilkan. Jangan ambil foto dengan resolusi rendah bila ingin mencetaknya pada ukuran super besar, hasilnya hanya akan mengecewakan.

2. Bayangkan subjek foto sebagai sebuah foto besar saat Anda mengambilnya. Beberapa elemen subjek itu bisa saja memiliki perbedaan hasil cetak pada print digital, seperti ada salah satu elemen yang mengabur. Sebelum mencetak, ada baiknya melihat-lihat hasil cetak, lalu diproyeksikan dengan alat digital projector. Proyeksikan gambar di layar sebesar yang Anda inginkan, dan cek hasil visualnya bagaimana. Bila gambar tidak jelas pada ukuran gambar yang ingin Anda inginkan, berarti resolusi-nya tidak memenuhi standar idealnya.

3. Percayakan print digital pada perusahaan print digital yang berkualitas. Hal ini penting mengingat perusahaan ini pasti memanfaatkan material percetakan yang bagus, dari tinta sampai mesin cetaknya.

4. Cetaklah pada kertas yang bebas asam. Jangan gunakan kertas standar kantor jika Anda ingin menciptakan gambar yang berstandar galeri. Kebanyakan kertas mengandung asam, yang membuat kualitas kertas memburuk pada akhirnya, dan lebih cepat lagi bila terekspos sinar matahari. Gunakan kertas berkualitas yang bebas asam untuk print digital.

5. Kuasai software editing gambar untuk menghindari kegalalan cetak foto karena Anda sama saja menyia-nyiakan tinta dan kertas.

6. Bila Anda memutuskan untuk melakukan print digital sendiri, pastikan saat mencetak Anda stand by di sisi mesin cetak untuk menampung kertas yang mulai keluar, dengan tangan Anda. Jangan biarkan kertas jatuh sendiri, lalu diamkan selama 10 menit untuk memastikan tinta mengering.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: