Digital Printing dengan Warna Oke

Digital printing – Foto bisa memuat jutaan warna. Tapi kebanyakan printer desktop hanya mampu mencetak sedikit warna. Dengan kata lain, Anda tidak bisa bereksperimen dengan pilihan banyak warna. Bayangkan jika Anda ingin mencetak poster yang sudah Anda desain, namun ada lapisan warna yang saat dicetak tidak keluar karena pilihan warna pada desktop Anda terbatas. Dan itu hanya mungkin dengan digital printing maupun printing press. Lalu bagaimana mendapatkan semua warna yang brilian untuk foto Anda hanya dengan beberapa tinta saja. Walaupun Anda hanya punya satu atau dua warna untuk grafis atau teks, cetak warna membutuhkan persiapan khusus apakah Anda ingin menggunakan desktop printing, digital printing atau printing press. Dan walau cetak warna komersial bisa saja mahal, ada beberapa cara untuk menghemat tapi Anda tetap bisa memperoleh warna yang Anda inginkan, meski menggunakan teknik digital printing sekalipun. Ada baiknya Anda mempelajari bagaimana cetak warna dari desktop, dengan menggunakan printer cepat bila Anda tidak ingin menggunakan jasa komersial digital printing.

digital printingKalibrasi warna
Langkah pertama untuk memperoleh cetak warna yang akurat adalah kalibrasi. Artinya Anda perlu menyesuaikan monitor Anda dan printer jadi saat Anda melihat elemen merah pada layar, elemen yang sama itulah yang akan Anda peroleh dari mesin detak. Jika Anda memindai logo biru gelap, maka Anda ingin biru yang sama yang muncul di kertas. Ada banyak software grafis yang memiliki pengaturan warna di dalamnya. Anda mungkin saja membutuhkannya untuk memperoleh kalibrasi yang akurat. Kalibrasi warna berlaku untuk semua jenis metode cetak termasuk digital printing.

Panduan warna
Cara cetak warna bekerja, walau dengan kalibrasi yang bagus sekalipun masih ada ketidaksesuaian antara apa yang Anda lihat di layar dan kertas. Dengan menggunakan panduan cetak warna untuk memilih tinta warna spesifik, biarkan dilakukan oleh opsi pada software. Inilah keunggulan digital printing, kita bisa melakukannya tanpa harus mendapatkan kesalahan akibat uji coba cetak. Biasanya warna Pantone dipakai oleh hampir seluruh bidang desain grafis. Palet warna dalam beberapa program software pun memuat tinta-tinta yang dipandu oleh Pantone.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: