Cetak Foto Maksimal

Seberapa besar hasil cetak foto yang bisa kita buat adalah pertanyaan yang umum. Kadang kita punya rasa ingin tahu sendiri. Begitu juga seorang fotografer profesional yang penasaran dan dalam proses kerjanya acap kali menemukan pertanyaan yang sama. Pada dasarnya untuk mengetahui seberapa besar sebuah foto dapat dicetak tergantung pada tiga faktor. Pertama, seberapa banyak informasi atau data foto yang ada. Kedua, jarak pandang yang diingikan dari foto itu. Ketiga, material apa yang akan dipakai untuk cetak foto.

Cetak Foto

Karya seni yang membutuhkan teknik cetak foto berkualitas

Data Cetak Foto

Hitungan data foto yang ada tergantung pada seting dan kapabilitas kamera. Walau kamera beresolusi 12 megapiksel, bisa saja data fotonya tidak banyak karena setting kameranya demikian. Untuk memperoleh kapabilitas penuh dari kamera, atur kualitas gambar ke aturan terbaik. Semakin rendah aturan untuk setting, semakin sedikit data cetak foto yang bisa diperoleh. Karena standar resolusi cetak foto adalah 300 dpi, maka kalkulasi megapiksel yang dibutuhkan untuk ukuran cetak foto harus disesuiakan. Caranya dengan mengalikan tinggi dan lebar ukuran foto yang diinginkan dengan 300. Misalnya Anda ingin mencetak foto berukuran 8×10, maka pixel yang dibutuhkan adalah 2400×3000 untuk bisa menghasilkan kualitas gambar yang baik.

Jarak Pandang Cetak Foto

Pernahkah Anda memerhatikan kalau duduk terlalu dekat ke TV, justru kualitas gambar akan tidak tampal. Itulah mengapa layar TV didesain untuk jarak pandang tertentu. Hal yang sama juga berlaku pada cetak foto, yang mana gambar berukuran besar dimaksudkan untuk dilihat dari jarak beberapa meter, bukan senti meter. Ukuran foto 8×10 bisa jadi standar terkecil untuk ukuran cetak foto yang didesain untuk dilihat dari jarak maksimal 1 meter. Untuk mencari tahu apakah sebuah gambar akan terlihat jelas pada batas jarak minimal tertentu, caranya adalah membagi megapiksel yang ada dengan jarak yang diinginkan. Misalnya untuk ukuran cetak foto 8×10 dengan 7.2 megapiksel, keluarlah hasil 3,6 megapiksel. Artinya dengan 3,6 megapiksel Anda masih memungkinkan mencetak foto berukuran 8×10 untuk hasil pandang yang detail.

Permukaan Material Cetak Foto
Apa jenis material untuk cetak foto Anda yang ingin dicetak berpengaruh juga pada kualitas cetak dari sisi visual. Semakin mentah material kertas foto, semakin kecil data yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil cetak yang masuk akal. Semakin lembut dan bercahaya gambar, semakin banyak data yang dibutuhkan. Ini karena permukaan tekstur menyembunyikan bagian yang tidak sempurna dari sebuah gambar, yang bisa menipu mata dari hasil foto yang sebenarnya tidak begitu bagus. Tidak rumus untuk menghitung perbedaan ini, jadi untuk menemukannya Anda harus mencari tahu sendiri.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: