Merawat Rambut Rontok pada Anak Kecil

Rambut rontok tidak hanya bisa dialami orang dewasa. Hal ini juga bisa terjadi pada anak kecil. Ada beberapa factor yang menyebabkan rambut rapuh pada anak kecil, termasuk kurap, didiagnosa menderita alopecia areata atau bahkan sedang menghadapi perawatan medis khusus. Bila Anda berhasil memastikan akar permasalahannya, akan lebih mudah menentukan prosedur perawatan untuk rambut rontok pada anak.

1. Pastikan penyebabnya. Kurap adalah jamur yang bisa membuat rambut rontok pada anak-anak,  akibat rambut rapuh, pori-pori besar dan kemerahan pada kulit kepala. Alopecia areata terjadi pada saat sirkulasi rambut botak (pitak) muncul pada tiba-tiba. Hal ini akibat ketidakseimbangan hormon karena penyakit tertentu.

2. Bacalah label pada obat-obat yang tengah dikonsumsi oleh anak Anda. Tanyakan pada dokter apakah ada medikasi yang bisa menimbulkan efek samping pada rambut.

3. Ubah gaya rambut anak Anda. Perawatan rambut tertentu atau gaya rambut juga bisa menyebabkan rambut rontok. Kadang ada juga orangtua yang ingin anaknya yang masih kecil tampil gaya dengan warna rambut pirang atau lurus. Perawatan rambut seperti itu bisa membuat rambut rapuh.

4. Cek kebiasaan makan anak Anda dan nutrisinya. Nutrisi rendah bisa menyebakan kutikel rambut kehilangan protein, vitamin dan mineral untuk membantu pertumbuhan rambut. Beberapa anak yang sudah menjalani gaya hidup vegetarian biasanya kekurangan protein.

5. Rawat rambut rontok. Olesi  minoxidil atau cortisone bila penyebabnya adalah alopecia. Untuk penyebab kurap, cobalah sampo anti jamur, aplikasikan dua kali seminggu. Sekali lagi, petunjuk dokte akan lebih membantu perawatan agar lebih efektif.

6. Tunggulah sampai rambu tumbuh kembali. Biasanya setelah masalah berhasil didiagnosa, rambut mulai tumbuh lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: