Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan hal yang normal, sesuatu yang pada dasarnya dialami setiap orang. Beberapa orang, bagaimanapun juga, terganggu dengan kerontokan rambut. Masalah rambut rontok bukan msalah laki-laki saja, perempuan dan anak kecil bisa mengalaminya juga. Walau mengalami masalah rambut, bukan berarti hidup Anda ikutan rontok. Ada beberapa perawatan yang bisa Anda jalani untuk mengurangi rambut rontok, tapi harus pahami dulu penyebabnya apa saja.
Keturunan

Kebotakan pada pria kemungkinan besar adalah karena factor keturunan. Mitos yang beredar adalah pria yang mengalami rambut botak dini diperoleh dari gen ibu. Padahal kondisi ini ini bisa berasal dari pihak ayah juga. Sayangnya pria menyadari mereka mengalami kebotakan dini saat mereka merasa rambut menipis. Dan mereka mengira itu karena sirkulasi yang buruk pada kepala, sampo, penggunaan topi dan rambut panjang.

Stress

Stress membuat Anda ingin menarik-narik rambt, tapi tahukah Anda cara ini justru membuat rambut terlepas dari akarnya. Ada dua jenis rambut rontok akibat stress, yaitu telogen effluvium dan alopecia areata. Telogen adalah kondisi di mana rambut berhenti tumbuh sebelum akhirnya rontok dua hingga tiga bulan kemudian. Rambut akna tumbuh kembali setelah sekitar enam bulan. Alopecia areata adalah kondisi di mana sel darah putih menyerang folikel rambur, yang membuat rambut rontok sebagian. Rambut akan tumbuh secara alami, tapi membutuhkan perawatan rambut profesional.

Hormon

Hormen adalah factor lainnya yang menyebabkan rambut rontok. Perempuan dengan problem tirodi berpeluang besar mengalaminya. Kehamilan dan melahirkan juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk masalah ini, rambut akan tumbuh kembali secara normal setelah hormone seimbang.

Obat-obatan

Obatan-obatan dan perawatan tertentu bisa juga mengakibatkan rambut jatuh. Termasuk perawatan medis melawan kanker, konsumsi obat anti depresi, kontrasepsi oral dan konsumsi vitamin A berlebihan. Jenis kerontokan ini akan berhenti setelah Anda menghentikan konsumsi obat-obatan di atas.

Infeksi

Infeksi kulit kepala bisa menyebabkan bakteri, parasite, jamur dan virus yang dapat berkonribusi pada kerontokan rambut. Demodex folliculorum, folliculitus dan peidra merupakan jenis infeksi yang menyerang kulit kepala. Untuk mengatasi hal ini perlu perawatan medis profesional.

Penyakit

Penyakit tertentu, seperti lupus dan diabetes, bisa juga mengakibatkan kerontokan, karena imun tubuh yang lemah. Karena itu untuk mengatasinya Anda perlu juga ke perawatan rambut profesional, namun kerontokan akan berkurang jika Anda sudah lepas dari penyakit di atas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: