Memahami Kode dalam Asuransi Kesehatan

Dalam kunjungan ke dokter, setiap perawatan yang Anda peroleh memiliki kodenya sendiri di mata perusahaan asuransi kesehatan. Pengkodean ini merupakan bagian penting dalam proses penagihan. Jika kode yang terdapat di tagihan Anda tidak tepa, pihak asuransi kesehatan bisa menolak klaim Anda. Ini adalah tanggung jawab dokter Anda untuk memberikan penagihan dengan sistem kode yang benar.

1. Mintalah salinan detail dari tagihan medis Anda.

2. Cek kembali setiap pelayanan yang tertera di tagihan tersebut. Kode penagihan medis biasanya tercantum di setiap prosedur dan item yang ditagihkan

3. Temukan arti dan penjelasan dari setiap kode prosedur medis. Tanyakan pada dokter Anda atau pihak adiminitrasi rumah sakit.

4. Verifikasi dengan dokter atau perawat Anda bila ada kode yang tidak tepat. Kode medis bisa berubah sewaktu-sewaktu, dengan memverifikasinya, Anda pun membuat si perawat memperbarui pengetahuannya dengan kode-kode terbaru. Jika Anda merasa tagihan rumah sakit sangat tinggi, konfirmasi ulang pada pihak rumah sakit.

5. Pahami bahawa ada pengkodean yang berbeda di setiap kunjungan ke dokter. Jika pihak asuransi kesehatan  tidak membayar tagihan Anda di tingkatan yang tepat, hubungi pihak rumah sakit. Informasikan kepada mereka mengenai masalah penagihan dan tanyakan pada mereka apakah pengkodean dari mereka sudah tepat, sehingga Anda bisa mendapat pembayaran full untuk klaim asuransi Anda. Jika tidak ada jalan keluar juga, sebaiknya berkoordinasi dengan pihak asuransi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: