Perbedaan Digital Printing & Screen Printing

Mencetak sebuah gambar, logo, atau mendesain kaos merupakan salah satu cara yang baik untuk menyampaikan pesan, sebagai bentuk branding perusahaan dengan menciptakan merchandise unik. Ada dua cara untuk mewujudkan dua hal di atas, bisa melalui digital printing, dan screen printing. Dua jenis cetak tersebut sama-sama punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Proses

Hasil cetak dari dua metode di atas hampir mirip, tapi prosesnya berbeda. Teknik cetak tradisional seperti screen printing membutuhkan screen berbeda untuk setiap warna yang hendak dicetak, sehingga membutuhkan seorang pencetak yang sangat ahli agar tidak terjadi kerusakan pada gambar. Sementara digital printing hampir keseluruhan prosesnya tergantung pada mesin sehingga bekerja secara otomatis.

Kecepatan Cetak

Kecepatan untuk mencetak pada umumnya lebih unggul screen printing ketimbang teknik cetak digital. Screen printing hanya membutuhkan seseorang untuk mencetak warna satu per satu pada media yang bisa dilakukan dengan cepat. Segmental digital printing melakukan prosesnya secara bersamaan, termasuk pewarnaan, sehingga membutuhkan waktu untuk mengombinasikan tone-tone yang ada sehingga bisa membentuk warna yang diinginkan.

Detail

Inilah salah satu keunggulan cetak digital, yaitu bisa mencetak hingga detail sekecil apapun. Sementara screen printing tidak mampu melakukannya karena keterbatasan alat.

Harga

Harga untuk digital printing ataupun screen printing bervariasi tergantung pada pekerjaanya. Jika Anda hanya mencetak dalam kuantitas sedikit, cetak digital lebih efektif, tapi bisa jumlah banyak, lebih baik memilih teknik screen printing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: