Mengendalikan Rambut Rontok

Rata-rata, Wanita dan Pria akan kehilangan rambutnya antara 50 hingga 100 lembar dalam sehari. Kondisi ini masih tergolong normal. Tapi apabila melebihi angka di atas, maka dia dipastikan mengalami rambut rontok.

Rambut rontok walau menjadi masalah yang banyak dialami orang-orang, tetap bisa memengaruhi penampilan sehingga mengurangi rasa percaya diri. Salah satu penyebab kerontokan adalah perawatan rambut yang berlebihan, yang membuat akar rambut melemah dan batang  rambut rusak. Menyisirnya dengan kasar pun bisa menyebakan rambut rontok. Karena itu perawatan rambut yang pas, dan tepat, sangatlah penting untuk mengendalikan dan mengurangi kerontokan.

1. Cucilah rambut 3 kali seminggu dengan sampo penguat rambut. Jika rambut Anda diwarnai atau dikeriting, gunakan sampo khusus untuk rambu yang dikimiawi. Saat bersampo, gunakan jari-jari untuk memijat kulit kepala agar menstimulasi aliran darah di akar rambut. Sirkulasi pijatan yang benar akan memperkuat akar dan mengurangi rambut rontok.

2. Gunakan kondisioner setiap selesai keramas untuk menjaga kelembutan dan kesehatan helai rambut. Saat rambut kering dan rapuh, akan lebih mudah untuk rambut lepas dari akarnya. Penggunaan kondisioner yang rajin bisa menjaga batang rambut lembut.

3. Oleskan kondisioner tanpa bilas setiap hari jika kondisi rambut kering. Gunakan setiap hari untuk menghindari rambut dari factor-faktor lingkungan yang bersifat merusak, seperti ultra violet dan styling dengan produk kimia.

4. Gunakan sisir berbulu lembut dan sisis bergigi jarang. Sisir jenis ini lebih baik untuk rambut dan mencegah kerontokan rambut akibat penyisiran yang tidak tepat.

5. Bila ingin menyingsingkan rambut ke belakang, lebih baik menggunakan bandana, ketimbang mengikatnya dengan ikat kare atau plastic, karena bisa menarik rambut terlalu kuat, dan memperlemah akar rambut sehingga menyebabkan rambut rontok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: