Membangun Program Point of Sales untuk Restoran

Program point of sales untuk restoran adalah jaringan komputerisasi yang bisa memberikan perintah dan sistem penyimpanan yang memroses perintah dan pembayaran dan menyimpan penjuala yang disimpan secara digital, transaksi, inventori dan report server. Ada sejumlah komponen yang tersedia yang bisa dipakai untuk menciptakan sistem yang berjalan efisien. Walau Anda mampu membeli program point of sales versi lengkap, jika Anda bisa membangunnya sendiri, Anda bisa mengkustomisasi kompone yang akan lebih bermanfaat untuk keefisienan dan keuntungan.

1.  Server back office adalah komponen utama Anda

Belilah komponen, tergantung pada elemen yang Anda butuhkan pada sistem Anda. Komponen penting itu adalah, server back office, yang artinya otak dari program point of sales, yang setidaknya terdiri dari satu laci kas, mesin cetak, dan monitor. Komponen tambahan bisa berupa scanner bar code, magnetic strip readers dan mesin pembaca PIN jika Anda menerima sistem bayar dengan kartu kredit dan debit.

2. Masukan semua informasi harga pada server back office.

Programlah server back office Anda. Karena server itu akan menjadi kepala untuk semua transaksi bisnis dan prosedur, dahulukan server Anda untuk penyetingan. Instal  Microsoft Windows dan program point of sales pada server dan masukan semua informasi penting seperti item menu, daftar harga, pengaturan password, informasi karyawan dan nomor-nomor server.

3. Setidaknya satu laci kasi itu penting

Set up stasion utama dan pendampingnya, gunakan komponen-komponen yang sudah ditentukan. Install monitor, keyboard, dan printer pada setiap work station. Hubungkan laci kas, MSR dan pembaca PIN, pada work station di mana transaksi kas dibuat, dan unit tambahan lainnya yang dibutuhkan.

4. Ethernet untuk work station multiple

Hubungkan semua komponen work station pada back office Anda dengan mengaktifkan LAN yang menggunakan koneksi Ethernet.

5. Membuat work station berjaringan

Buat sebuah jaringan untuk semua work station Anda. Anda perlu saling menghubungkan sistem network Anda untuk memastikan semua informasi masuk dan terekam baik dalam program point of sales.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: