Dari Slide menjadi Print Digital

Mengubah slide transparan menjadi print digital bisa jadi hasilnya tidak memuaskan. Kualitasnya bisa lebih turun dari slide itu. Slide bisa dilihat jelas dengan proyektor yang menggunakan cahaya yang ditembakan ke layar melalui warna film. Detail dan kualitas warna bisa hilang di taraf medium. Daripada kehilangan kualitas, ada baiknya melindungi semua memori secara digital karena Anda bisa kehilangan slide sewaktu-waktu, atau terjadi kerusakan atau proyektor Anda tidak berfungsi, mengganti proyektor dengan yang baru akan berbiaya lebih mahal.

Aktifkan scanner untuk men-scan koleksi slide Anda. Lapisi bagian bawah slide dengan kertas putih polos, lalu letakan di atas layar scanner dengan cara slide bagian depan menghadap layar scanner. Tutup scanner Anda untku menekan slide. Tekan tombol “Scan”. Bila ada muncul kotak dialog yang meminta Anda menyeting hasil scan, setting sesuai hasil yang Anda inginkan, bila ingin hasil print digital yang baik, pilihlah kualitas resolusi 300 dpi.

Setelah proses scan selesai, simpan hasilnya di folder yang mudah dicari. Kini Anda sudah memilki gambar digital berkualitas yang siap dicetak. Untuk menjadikannya print digital, Anda tinggal mencetaknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: