Apa itu High Speed Diesel

High speed diesel merupakan jenis bahan bakar, yang memiliki nomor cetane lebih tinggi ketimbang bahan bakar untuk mesin tidak bergerak berkecepatan rendah. Nomor cetane high speed diesel  biasanya sekitar 50. Nomor cetane untuk diesel berada di kisaran 40 hingga 55, berdasarkan Louisiana Department of Natural Resources. High speed diesel juga diklasifikasikan dalam kategori 1D atau 2D, yang mengindikasikan kekentalan dan tingkat penuangan.

Nomor cetane
Menurut GlobalFinest.com, nomor cetaneyang lebih tinggi bukanlah ukuran kualitas bahan bakar. Nomor itu hanya mengindikasikan bahwa bahan bakar tersebut  membakar lebih mudah. Membutuhkan waktu lebih singkat antara mengisi bahan bakar sampai pembakarannya, sebuah kualitas yang sangat baik untuk mesin diesel berkecepatan tinggi , makanya disebut high speed diesel.

Bahan bakar 1D dan 2D

Point penuangan berhubungan dengan temperatur minimum pada mana bahan bakar itu akan mengalir, sementara kekentalan mengukur laju untuk bisa mengalir. Bahan bakar 1D, yang memiliki tingkat penuangan dan kekentalan yang lebih rendah, mampu bekerja lebih baik di temperature rendah. Bahan bakar 2D, dengan tingkat penuangan dan kekentalan yang lebih tinggi, lebih cocok di kondisi hangat.

Lebih banyak BTU

High speed diesel 2D menjaga kualitas lubrikasinya pada kecepatan tinggi. Jenis ini juga bisa mencapai BTU (British Thermal Units, ukuran daya) lebih banyak, memproduksi lebih banyak daya setiap galonnya dan menekan konsumsi, berdasarkan Louisiana Department of Natural Resources.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: