Memperbaiki Kursi Mobil Toyota

Jika mesin mobil Toyota Anda masih terasa bagus, tapi kondisi dalamnya mengenaskan, karena kursinya Anda biarkan rusak, Anda bisa memperbaikinya sendiri. Mobil Toyota terkenal karena kemampuan tempuhnya yang bisa mencapai puluhan ribu kilometer, mesin tetap kuat. Tapi kondisi kursinya tidak akan sama seperti dulu.

Anda punya pilihan untuk mengganti kursi mobil Toyota Anda, atau memperbaikinya sendiri untuk menghemat pengeluaran uang. Bila Anda menetapkan pilihan yang ke dua, Anda membutuhkan peralatan tukang pada umumnya, dan sedikit kesabaran.

1. Ukur kursi mobil Toyota Anda dengan alat pengukur. Tuliskan berapa saja ukuran dimensinya. Lalu belilah bahan meteran sesuai selera Anda. Bahan itu harus mudah dibersihkan dan tahan lama. Lebihkan 5 – 10 persen dari ukuran yang Anda catat tadi saat menentukan ukuran bahan yang harus dibeli.

2. Copot kursi mobil Toyota Anda dengan melepas baut-baut dan penghubung lainnya yang mengaitkannya ke lantai mobil. Lakukan pelan-pelan.

3. Setelah kursi lepas dari mobil, copot kulit kursi yang lama dari baut-baut yang ada, pastikan kursi mobil Anda bersih dari kulit pembungkus kursi, tanpa merusak pola kursi itu.

4. Bentangkan bahan yang Anda beli tadi, lalu letakkan kulit kursi yang lama di atasnya. Gambarkan pola di atas bahan yang baru, mengikuti pola kulit kursi sebelumnya. Selesai menggambarkan polanya, gunting bahan Anda mengikuti gambar atau garis yang sudah Anda buat. Anda akan mendapatkan dua pola dari bahan yang baru tadi, pola pertama adalah untuk bagian depan kursi mobil Toyota Anda, dan pola kedua adalah untuk bagian belakang kursi. Lekatkan dua pola itu menjadi satu kesatuan pola dengan jarum pentul.

5. Jahitlah dua pola tadi dengan mesin jahit. Lalu ‘bungkus’ kursi mobil Toyota Anda dengan bahan baru yang sudah Anda jahit tadi. Tarik bahan tadi dari atas ke bawah untuk memastikan bahan itu menempel baik pada bodi kursi. Akhirnya, pasang kembali kursi Anda, pasang kembali batu-bautnya, kaitkan dengan baik. Sekarang mobil Toyota Anda memiliki kursi baru.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: