Memulai Rutinitas Perawatan Kulit

Menjalani perawatan kulit dengan rutin terbukti mampu memperbaiki dan merawat kulit Anda, bagian terluas dari tubuh Anda. Selain menjaga penampilan Anda tetap oke, perawatan kulit juga sangat berhubungan erat dengan isu kesehatan, dan salah satu cara yang bisa menolong Anda untuk mmenghindari tanda-tanda penuaan dini.

Di bawah ini adalah perawatan kulit yang patut Anda jadikan rutinitas agar Anda tetap terlihat segar sampai tahun-tahun berikutnya.

1. Kenali tipe kulit Anda. Menjalankan rutinitas perawatan kulit tergantung dari jenis kulit, apakah berminyak, kombinasi, kering,senditifm dan sebagainya. Ada banyak sumber online yang bisa membantu Anda untuk mengetahui jenis kulit Anda yang sebenarnya.

2. Bersihkan dengan benar. Triknya adalah menemukan produk pembersih yang tepat untuk kulit Anda. Jika Anda sudah menemukan satu yang membuat kulit Anda nyaman, teruslah memakai produk itu. Cukup sulit untuk menemukannya. Pembersih wajah bermaterial air lebih baik. Jangan gunakan sabun batangan untuk wajah, karena hanya akan membuatnya kering.

3. Mengupas (Exfoliating). Banyak orang melewatkan aktivitas ini dalam rutinitas perawatan kulit mereka, tapi ini adalah langkah penting untuk menyegarkan kembali kulit, di mana sel-sel kulit mati yang bisa menjadi cikal bakal jerawat, pori-pori dan  kulit kering, akan terangkat. Untuk mendapatkan pengupasan dengan harga murah, lakukan saja di rumah, belilah scrub yang mengandung butiran atau partikel pengelupas. Lakukan sekali seminggu.

4. Tidak usah tergantung pada penggunaan toner. Beberapa orang merasa tidak sreg apabila tidak menggunakan toner, memang produk pembersih yang baik adalah yang mampu menghilangkan semua make-up, kotoran dan debu dari wajah, tanpa sisa sedikit pun. Toner sebenarnya tidak terlalu perlu, tapi jika Anda lebih merasa nyaman dengan toner, silakan dipakai.

5. Pelembab. Apapun jenis kulit Anda, tetap membutuhkan pelembab. Walau kulit bermainyak sekalipun bisa mendapatkan manfaatnya dri pelembab bebas mintak. Wajah dan tubuh harus dilembabkan, tapi formula khusus diperlukan untuk bagian wajah. Kulit Anda akan mengindikasikan seberapa sering Anda membutuhkannya. Jika Anda merasa haus, Anda perlu minum. Demikian juga dengan kulit, tapi jangan berlebihaan saat menggunakannya karena bisa memancing pori-pori lebih besar.

6. Oleskan tabir surya. Ahli kulit sepakat bahwa tabir surya adalah aspek paling penting untuk perawatan kulit. Pilihlah pelembab harian dengan proteksi UV. Hindari pemakaian pelembab malam yang memiliki tabir surya, karena kulit pun butuh istirahat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: