Dasar-Dasar Design Interior Rumah

Mengetahui dasar design interior rumah, akan sangat membantu Anda untuk menciptakan sebuah nuansa ruangan yang hebat. Anda tahu kan rasanya berjalan memasuki sebuah ruangan di rumah yang memiliki desain ciamik, yang membuat Anda terpaku, dan akhirnya betah berlama-lama di ruangan itu. Apa saja dasar design interior rumah yang patut And ketahui? Berikut kutipannya…

Keseimbangan

Dalam design interior rumah, keseimbangan menciptakan rasa yang sederajat. Artinya kesetaraan dalam bobot visual obyek harus benar-benar diperhatikan. Keseimbangan tidak hanya tercipta melalui bentuk, tapi juga warna, motif atau pola, dan tekstur.

Ritme

Seperti di music, ritme dalam design interior rumah juga penting. Artinya menciptakan pola atau motif yang berulang dan kekontrasan untuk menciptakan pesona visual. Anda bisa mewujudkannya dengan menggunakan warna yang sama atau bentuk yang berbeda pada intervalnya. Tujuannya adalah untuk menggerakkan mata ke sekitar ruangan. Contohnya, Anda bisa membentuk ritme dengan menggunakan warna untuk bantal kursi, dan menggantung lukisan yang senada warnanya dengan bantal itu. Pengulangan ini akan membuat tamu-tamu di rumah Anda tertarik untuk melihat sekitar rumah.

Harmony

Harmoni diciptakan saat semua elemen beraksi bersama untuk menciptakan pesan yang menyatu. Seperti ritme yang bisa menciptakan ketakjuban, harmoni mampu menciptakan sensasi kenyamanan. Contohnya, Anda bisa menciptakan harmoni dengan menggunakan hanya satu warna, walau ada bentuk-bentuk dalam design interior rumah Anda yang memiliki bentuk, ukuran dan tekstur berbeda.

Ketegasan

Sebuah ruangan di mana segalanya terlihat sama pentingnya akan tampak menakjubkan atau bisa juga membosankan. Anda perlu sebuah anchor. Ruang arsitektural kadang punya poin kesenangannya sendiri seperti jendela dengan pandangan yang cantik. Anda dapat memilih untuk menciptakannya dengan menyusun furniture di sekitar jendela untuk memberi penegasan, atau mengundang perhatian mencolok dalam elemen design interior rumah Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: