Membangun Jaringan Program Point of Sales

Program point of sales, aplikasi komputer yang salah satu fungsinya memproses transaksi dengan customer, merupakan bagian penting dari peralatan yang menunjang kesuksesan bisnis retail. Program point of sales berbasis jaringan pada awalnya tampak menyusahkan, tapi sebenarnya sistem ini sangat mudah.

Tahap pertama adalah menginstal program point of sales pada server program. Ikuti instruksi dari pengembang program. Di awal penginstalan, program itu perlu membuat dan mengkonfigurasi bermacam database, termasuk harga dan table produk. Proses penginstalan bisa memakan waktu lebih dari 30 menit.

Setelah penginstalan selesai, hubungkan workstation program point of sales ke server. Dengan menggunakan jaringan standar, akan mengkoneksikan workstation program dan server program point of sales ke area jaringan lokal (LAN).

Jika perlu, petakan server sebagai jaringan yang mengendalikan workstation program. Jika aplikasi program berdasarkan server dan harus dieksekusi melalui host atau server, petakan server sebagai jaringan kerja pada komputer. Pada desktop workstation, klik kanan pada icon “My Computer”, pilih “Map network drive,” kemudian sediakan IP atau alamat jaringan dari serve program point of sales. Jika Anda sudah mengkonfigurasi server untuk memperoleh kredential log in, masukkan nama pengguna dan password agar bisa terhubung ke server.

Langkah selanjutnya adalah menginstal program point of sales pada workstation, jJika program point of sales ini harus dikerjakan di masing-masing workstation. Jika program itu bisa diproses melalui server, lewati langkah ini. Kemudian hubungkan peralatan mendukung lainnya ke workstation program. Jika workstation akan dilengkapi mesin penggesek kartu kredit, printer, mesin pembaca bar code, hubungkan semuanya ini dengan menggunakan kabel-kabel yang sudah ditentukan. Dalam banyak kasus, kabel-kabel itu sudah memiliki kodenya sendiri sehingga mempermudah pemasangan ke port yang tepat.

Langkah terakhir adalah memuat tabel database. Mulailah memasukkan data-data inventori ke database program point of sales. Karena setiap program dari pengembang punya karakternya sendiri, ikuti instruksi vendor mengenai cara memuat database. Setting jaringan program pun sudah lengkap. Dengan data base yang sudah terisi, semua jaringan workstation pun bisa memproses program point of sales.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: