Digital Printing vs Offset Printing

Anda sedang memilih antara digital printing atau offset printing, sementara materi iklan sudah siap dicetak. Digital printing menggunakan toner untuk merepro sebuah gambar. Sedangkan offset printing menggunakan tinta. Kualitas dan harga tentunya menjadi dua hal yang sangat berbeda dari dua metode cetak ini.

digital printing

offset printing

Kabar baiknya adalah kualitas digital printing persis seperti offset printing. Anda bisa menemukan printer yang akan menimbulkan perdebatan bahwa offset printing masih lebih hebat ketimbang digital printing. Pada kenyataannya, offset printing bisa menghasilkan gambar dengan resolusi lebih tinggi, tapi tergantung pada resolusi gambar itu. Pada akhirnya, perbedaan kualitas terkadang tipis dan tidak akan merusak material yang hendak Anda jual, misalnya iklan.

Harga adalah factor terbesar yang akan memengaruhi keputusan untuk memakai digital printing atau offset. Digital printing tentunya lebih murah untuk pencetakan sedikit, atau kurang dari 1000 lembar. Untuk proyek cetak lebih dari 1000, offset printing lebih murah. Alasan dari perbedaan harga ini sederhana karena offset memerlukan proses pra cetak yaitu membuat plate cetak. Pembuatan plate ini harus dibayar, dan biayanya kurang lebih sama dengan biaya mencetak 1000 lembar dengan digitak printing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: