Komponen Program Point of Sales

Sebuah program point of sales tidak akan mampu bekerja efektif, bila tidak dilengkapi dengan perangkat kerasnya. Sebagai pebisnis retailer, Anda pun harus mengetahui komponen program ini terdiri dari apa saja.

Bagian utama dari program point of sales adalah CPU, atau computer, yang mengendalikan program itu. Ada baiknya menggunakan computer ini khusus untuk mencatat transaksi penjualan, laporan dan control persediaan. Artinya Anda harus menghindari penggunaan computer untuk kegiatan internet. Komponen penting berikutnya adalah laci kas. Uang, tanda terima kartu kredit dan bukti transaksi lainnya disimpan dalam laci tersebut. Komponen ini akan menerima sinyal dari computer atau mesin pencetak tanda bayar untuk membuka laci itu saat dibutuhkan. Jika pembelian komponen program point of sales dilakukan terpisah-pisah, tidak satu paket, pastikan setiap komponen kompatibel satu sama lain.

Agar customer bisa melihat nilai yang harus mereka bayarkan, atau total transaksi, program point of sales bisa dilengkapi dengan tiang display untuk customer. Bila CPU bukan jenis layar sentuh, Anda harus menambah kompone keyboard untuk memasukkan serial number produk. Keyboard ini sangat penting perannya jika suatu saat, komponen scanner tidak mampu membaca bar code pada label produk. Komponen terakhir adalah mesin cetak tanda bayar. Mesin ini biasanya sudah menempel pada CPU. Itulah komponen-komponen standar yang wajib dimiliki untuk menunjang keefektivan kerja program point of sales.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: