Digital Printing pada Akrilik

Digital printing memungkinkan kita untuk mencetak di beragam media, termasuk akrilik. Akrilik merupakan media thermoplastic transparan, yang biasa digunakan sebagai media alternative untuk menampilkan gambar yang mengkilap atau bercahaya. Bila Anda ingin mencetak foto di atas media akrilik, digital printing adalah metode yang tepat.

1. Ambil foto dengan kamera digital beresolusi minimal 2 megapixels. Sebagai alternative, Anda bisa merepro gambar dengan proses digital menggunakan scanner. Agar hasil berkualitas baik, scan foto dengan resolusi minimal 200 dpi.

2. Pilih mesin cetak. Anda membutuhkan printer yang bisa mengakomodasi ukuran, kedalaman, dan flesibilitas akrilik. Pilihan printer Anda juga bergantung pada jenis tinta dan sistem warna. Anda bisa memilih printer dengan sistem empat atau delapan warna, atau keduanya.

3. Edit gambar, jika diperlukan. Anda bisa melakukannya di computer dengan software editing. Beberapa printer memiliki aplikasi sendiri di dalamnya, yang memungkinkan Anda mengedit langsung pada aplikasi printer.

4. Setelah Anda memperoleh gambar yang memuaskan, cetak pada akrilik. Tinta tidak selalu terserap baik pada akrilik. Jika Anda memutuskan untuk mencetak di bagian belakang akrilik, Anda harus mencetak gambar dengan pilihan pencetakan terbalik (reverse printing). Jika sebaliknya, Anda perlu mengaplikasi dasar putih lebih dulu, lalu mencetak gambar di atas dasar putih tersebut. Dasar putih itu berlaku sebagai dasar primer yang akan membantu warna tampil lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: