Etika di Chat Room

Komunitas chat room semakin terstruktur sejalan dengan perkembangan internet. Banyak ruang obrolan memiliki aturannya sendiri dan panduan, yang kadang tidak bersifat resmi, yang diharapkan bisa dipatuhi oleh pengguna atau aggota chat room. Hal ini penting untuk menghindari perbuatan tidak menyenangkan atau kejahatan dunia maya. Karena itu penting beretika walau hanya di chat room.

1. Temukan apakah chat room itu memiliki sesi FAQ-nya sendiri sebelum terlibat di dalamnya. Jika ada, harap dibaca dulu untuk mengetahui panduan etika secara spesifik.

2. Perkenalkan diri Anda saat memasuki chat room itu dengan mengetik usia dan gender. Bila perlu lokasi.

3. Jika Anda ingin menyasar pada individu tertentu di sebuah chat room, beritahu lebih dulu pernyataan atau pertanyaan dengan chat room umum, misalnya Anda ingin chat dengan penggemar se[eka nola, bisa bertanya: “adakah yang gemar sepak bola?”

4. Biarkan user lain memberikan komentar dan bertanya. Jangan coba mengendalikan chat room dengan membanjirinya dengan percakapan Anda sendiri.

5. Hindati konfrontasi dengan user yang kasar. Laporkan ketidaknyamanan Anda pada administrator chat room itu. Atau tinggalkan saja.

6. Jangan ganggu user lain dengan spam, komentar kasar atau lainnya yang menimbulkan ketidaknyamanan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: