Tempat Fans Manga Anime di Jepang

Sebagai negara kelahiran manga anime, rasanya tidak sah bila di Jepang tidak dibangun tempat-tempat edukatif seputar karya seni Jepang yang mendunia ini. Dan tidak afdol bila Anda mengaku sebagai fanatic manga anime, tapi tidak mengunjungi tempat-tempat itu. Nah, di mana saja Anda bisa menikmati sekaligus berlajar sejarah dan mengenal lebih jauh produk budaya Jepang tersebut, berikut daftarnya…

Museum Ghibli

Studio Ghibli terkenal oleh produksi animasinya. Untuk Museum Studio Ghibli  di Tokyo, Anda bisa melihat-lihat seni fantastis buatan Ghibli. Bila ingin mengunjungi museum ini, pesan dulu tiketnya dan tentukan agenda kedatangan sebelum mengunjungi museum. Lokasi di Kota Mitaka, Tokyo, 15 menit berjalan dari Stasiun JR Mitaka.

Museum Manga Internasional Kyoto

Koleksi museum ini meliputi manga yang sudah diterbitkan dan sejarah asal-muasal manga dari seluruh dunia. Lokasi di Karasuma-Oike Nakagyo-ku, Kyoto, dan bisa diijangkau dari stasiun Kyoto Subway Karasumaoike.

Tokyo Akihabara (Tokyo Anime Center)

Dikenal sebagai pusat budaya pop Jepang, di mana Anda akan menemukan banyak toko yang menjual video game, anime dan manga produksi Jepang. Berlokasi di Gedung UDX Lantai 4.

Mandarake Nakano

Nakano di Tokyo juga merupakan tempat popular bagi penggemar manga anime. Sepanjang Nakano Broadway terdapat pedagang kaki lima yang menjual segala hal yang berhubungan dengan manga dan anime. Bisa diakses dengan berjalan kaki dari stasiun JR Nakano.

Suginami Animation Museum

Museum ini memperkenalkan sejarah animasi dan proses produksi anime. Anime karya animator Jepang selalu diputar di teater yang terdapat di museum yang berlokasi di Suginami Kaikan Hall 3F. Bisa diakses dengan bus umum (Kanto Bus), hanya 5 menit perjalanan, dari Stasiun Tokyo Metro Ogikubo ke perhentian di Ogikubo Keisatsusho-mae.

Pusat Pokeman

Pusat Pokemon terdapat di hamper seluruh kota di Jepang, yang menjual pernak-pernik Pokemon.

Kiddy Land

Toko mainan anak pertama yang pernah berdiri di Jepang, menjual banyak mainana untuk anak-anak sampai dewasa seperti action figures, maainan unik/kolektibel, dan masih banyak lagi. Kiddy Land terdapat di banyak kota di Jepang.

Fuji Q Highland “Evangelion World”

Jika Anda tergila-gila denga nserial Neon Genesis Evangelion, taman bermain Fuji Q Highland di Yamanashi memyediakan sebuah wahana seru khusus Evangelion World.

Museum Manga Tezuka Osamu

Tezuka Osamu adalah mangaka senior dan paling diakui tidak hany di Jepang, tapi juga di seluruh dunia. Pencipta karakter Astro Boy memiliki museum yang didedikasikan oleh Pemerintah Jepang agar masyrakat luas bisa melihat perjalanan hidupnya dan karya-karyanya. Berlokasi di 7-65 Mukogawa-cho Takarazuka-city, Hyogo Prefecture. Bisa diakses  dari  stasiun JR Takarazuka.

Museum Mizuki Shigeru

Shigeru Mizuki adalah seniman manga yang menciptakan GeGeGe no Kitaro yang menampilkan monster yokai. Museum ini dibangun di kampong halamannya, dan menampilkan karya-karya aslinya, figure Yokai, dan banyak lagi. Berlokasi di 5 Hon-machi Sakaiminato-city, Tottori, dengan jalan kaki selama 10 menit dari JR Sakaiminato Station.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: