Penjelasan Program Kasir

Program kasir dikenal juga dengan istilah point of sales (POS). Tipe program ini dibuat dan menjadi bagian dari hampir setiap mesin cash register masa kini yang banyak Anda temui di departemen store maupun swalayan. Program kasir merupakan perangkat yang terus mengalami perkembangan di pasar perangkat lunak, di aman program ini telah berkembang dari fungsi penghitungan yang sederhana hingga system koleksi data yang dikendalikan oleh database.

Program kasir telah berkembang dari waktu ke waktu, dan sekarang fungsinya di hampir semua mesin kasir adalah sebagai: penghitung, pencatatan inventaris, dan analisis penjualan. Program kasir sekarang ini dipakai baik untuk transaksi dengan metode tradisional dan online. Sebuah sistem yang berintregasi yang mampu berfungsi baik untuk kebutuhan pencatatan inventory dan kemampuan mengevaluasi perilaku dan preferensi kustomer.

Aspek penghitungan dari program kasir adalah fungsinya yang paling banyak diketahui orang awam. Ada dua metode input harga unit dari setiap komoditas: pemasukan data (data entry) atau update data secara otomatis dengan membaca kode bar (bar code scanning). Data entry adalah cara memasukan data secara manual, di mana seorang petugas kasir mengetikkan harga setiap item untuk penghitungan; proses ini mulai ditinggalkan sejak pertengahan 1980-an.

Saat ini yang banyak digunakan adalah bar code scanning, karena metode ini bisa menekan kesalahan secara drastic dan memungkinkan bagian toko menghimpun leih banyak informasi. Saat sebuah produk ditambahkan ke bagian inventori, bar code dimasukkan dalam data program kasir itu, bersamaan dengan harga, kategori, supplier dan deskripsi produk itu. Dan ketika produk itu dibeli, kemudian dibaca (scanned) dan harga berikut deskripsi secara otomoatis muncul dan tercetak di kertas tanda bukti pembayaran.

Program kasir untuk sistem online pun bekerja dengan pola yang sama. Ketika ada seorang kustomer membeli sebuah produk dan melakukan pembayaran, pencatatan invetori langsung berkurang. Sebagai tambahan informasi untuk system online, dibutuhkan data alamat kustomer dan metode pembayaran. Informasi ini dipakai untuk review dan analisis data.

Demikian penjelasan singkat seputar program kasir. Semoga bisa menambah wawasan kita bersama, walau Anda dan saya bukanlah seorang petugas kasir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: