Kelebihan Program Point of Sales di iPad

Program point of sales di komputer merupakan tradisi yang masih dilakukan banyak swalayan, departemen store dan toko kelontong. Tapi teknologi komputer sudah semakin maju. Manusia tidak lagi tergantung oleh ukuran komputer yang menyulitkan mobilitas mereka saat membutuhkan perangkat teknologi tinggi ini. Sudah ada komputer tablet yang mudah dibawa ke mana-mana dan ringan. Salah satu contohnya adalah Ipad.

Dengan pertimbangan mobilitas tinggi dan enteng tentunya, mulai ada terobosan dalam mengakses program point of sales dengan iPad. Pemilik toko tidak wajib lagi menyediakan area khusus menempatkan komputer untuk mengoperasikan program point of sales.  Sebuah iPad yang ditempatkan di telapak tangan sanggup melakukannya.

Pertanyaannya adalah apakah memanfaatkan produk Apple tersebut lebih baik ketimbang komputer konvensional. Supaya jawabannya lebih jelas, berikut lima kelebihan menggunakan program point of sales di iPad.

1. Menekan biaya

Penghematan biaya, dibandingkan dengan menggunakan program point of sales secara tradisional yang berbiaya besar.

2. Alat untuk pelayanan kustomer yang lebih baik

Kustomer akan melihat iPad sebagai gadget yang keren. Tapi bukan itu tujuannya, melainkan untuk memberi kenyamanan bagi kustomer, sehingga mereka tidak harus menghampiri kasir untuk mengecek pembayaran, tapi staff restoran bisa menghampiri meja kustomer dan melakukan perhitungan langsung di hadapan kustomer agar lebih dipercaya. Setelah itu data itu akan masuk ke pusat data transaksi. Tidak hanya itu, Anda pun bisa langsung menunjukkan inventori yang masih tersedia, sehingga bisa membantu kostumer menentukan pilihannya lebih cepat.

3. Pertahanan yang baik untuk strategi penjualan

Perilaku kustomer telah berubah. Seperti yang dikatakan Bill Siwicki, Managing Editor Mobile Commerce, bahwa semakin banyak kustomer yang berjalan memasuki toko sambil menggenggam ponsel cerdas, yang artinya mereka akrab dengan internet dan informasi. Sehingga saat mereka berdiri di deretan produk toko itu, mereka langsung membandingkannya dengan produk lain dari kompetitor melalui gadget mereka. Perangkat tradiosional program point of sales tidak mampu berkompetisi. Karena itu teknologi canggih dibutuhkan untuk mempermudah gerak dan mempercepat karyawan toko memberikan informasi.

4. Kemudahan melatih karyawan

Ketika mengimplementasikan strategi program point of sales dengan iPad, hanya membutuhkan waktu singkat untuk mengedukasi karyawan.

5. Ramah lingkungan

Mengoperasikan program point of sales dengan metode tradisional, katakanlah perangkat komputer yang berukuran besar, membutuhkan konsumsi listrik lebih besar ketimbang iPad. Selain itu dengan system pembayaran wireless, artinya tanda pelunasan pembayaran dikirim ke email kustomer atau sejenisnya, akan mengurangi penggunaan kertas. Menurut laporan New York Times, makin banya kustomer yang memilih tanda terima elektronik, dengan pertimbangan lingkungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: