Program Kasir Saja Tidak Cukup

Sejak dibuatnya program kasir, teknologi secara signifikan menyederhanakan sistem penjualan dan merchandise. Seorang kasir tidak perlu lagi menguasai betul matematika atau mengetik harga-harga produk satu per satu secara manual. Scanner dan komputer yang dilengkapi program kasir, bisa melakukannya untuk mereka. Meski begitu, kasir yang baik membutuhkan keterampilan dasar yang bisa dikuasai melalui latihan dan pengulangan. Karena itu program kasir saja tidak cukup untuk mendapatkan pencatatan yang baik dari transaksi keluar masuk dan jual beli barang. Berikut hal-hal yang harus dimiliki seorang kasir yang baik.

1. Mengerti teknologi

Walau sebuah program kasir telah menggantikan beberapa tugas manual dari seorang kasir, dia semestinya bisa juga mengoperasikan teknologi itu. Program kasir, sebagai contoh, memerlukan kasir untuk memasukkan data terlebih dahulu. Bila dia tidak mampu mengetik, apalagi mengetik cepat dengan ketelitian tingkat tinggi, akan mengurangi nilai efisiensi dari program kasir itu. Karena itu seorang kasir harus cepat belajar dan bisa beradapasi dengan kemajuan teknologi di dunia pasar.

2. Customer Service

Dalam perkembangan teknologi program kasir, kesalahan manusia dan masalah lainnya bisa memperlambat transaksi dan membuat sebal kustomer yang terburu-buru. Masalah yang kemungkinan besar bisa terjadi ini, dan demi membangun kepedulian pada kustomer yang rela berbelanja di department store Anda, karena itu seorang kasir harus memiliki keterampilan customer service. Artinya kasir itu harus sopan, ramah dan memperlakukan setiap kustomer tanpa beda, bahwa semua kustomer sama pentingnya.

3. Akurasi dan Kemampuan Menghitung

Kasir menangani uang dan transaksi keuangan. Kesalahan pada area ini berpotensi serius. Seorang kustomer bisa saja menerima kembalian yang kurang atau kelebihan. Bisa juga jumlah di cash register tidak sesuai saat ada pergantian shift kasir. Untuk menghindari masalah ini, kasir yang baik harus memperhatikan detail, keakurasian, dan menguasai matematika dasar.

4. Kejujuran

Banyak kasir bekerja dengan bayaran minimal dan godaan untuk bertindak tidak jujur. Untuk hal ini sebuah program kasir tidak mampu menanganinya. Karena itu seorang kasir haruslah orang yang jujur. Hindari godaan dan menghargai pekerjaan yang dijalani tidak hanya bisa melepaskan diri dari jeratan hokum, tapi juga meningkatkan peluang karier yang lebih baik di dalam perusahaan itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: