Asuransi Kesehatan untuk Orang Gemuk

Asuransi Kesehatan – Jumlah penduduk Amerika yang mengalami kegemukan menunjukkan angka yang meningkat dari tahun ke tahun. Selama 20 tahun belakangan, ada peningkatan pesat untuk kasus kegemukan di semua negara bagian di Amerika Serikat. Untuk tahun 2010 saja, angka kegemukan di seluruh negara bagian mencapai lebih dari 20 persen.

Kasus yang sama juga terjadi di tanah air. World Health Organization (WHO) melansir persentase orang kegemukan atau overweight yang mencengangkan. Data selama 2010, di Indonesia tercatat 32,9 persen atau sekitar 78,2 juta penduduk dengan kondisi kegemukan. Persentase tadi bisa dibandingkan dengan data obesitas WHO pada 2008 yang hanya 9,4 persen.

Dengan peningkatan jumlah penduduk yang kegemukan ini, ikut mendorong peningkatan faktor risiko penyakit kronis. Penyakit kronis yang mengikuti orang dengan kondisi badan kegemukan cukup beragam. Di antaranya yang dominan adalah, hipertensi, serangan jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Berbicara asuransi kesehatan, orang gemuk tentu sangat terbantukan bila dia dengan sadar ingin memiliki asuransi kesehatan untuk mengatasi penyakit kronis yang membayanginya. Seperti kita ketahui bersama tidak ada satu pun penyakit kronis yang pengobatan dan perawatannya berbiaya murah.

Perusahaan asuransi kesehatan selalu memasukkan daftar pertanyaan berat dan tinggi badan, untuk menaksir apakah calon nasabahnya tergolong kelebihan berat badan. Untuk mengetahuinya, mereka mengacu pada body mass index (BMI). Bila diketahui kelebihan berat badan, pihak asuransi kesehatan akan menyebutnya sebagai “pre-existing health condition”.

Kabar baiknya, tidak semua penyedia asuransi kesehatan menolak calon nasabah yang mengalami kegemukan. Ada pelayanan khusus bagi mereka berdasarkan status “pre-existing health condition”. Dengan status tersebut, biasanya tidak lagi diikuti pemeriksaan medis. Tapi ada juga yang mewajibkan calon nasabahnya untuk cek medis, untuk melihat seberapa tinggi risiko calon nasabah itu.
Namun, seperti apapun prosesnya, bagi yang mengalami kegemukan masih memiliki kemungkinan besar untuk memperoleh asuransi kesehatan. Pun opsi-opsi perencanaan keuangannya tetap terjangkau, asalkan bekerja sama dengan dengan perusahaan asuransi kesehatan yang jujur dan reliable.

Source: http://www.guaranteed-issue-health-insurance.com

http://www.equator-news.com

http://www.cdc.gov/obesity/data/trends.HTML

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: