Copywriting untuk Toko Baju Online

Toko baju online merupakan pilihan yang menarik bagi yang ingin menjadi wirausaha, sebab relatif lebih mudah dibangun. Secara bisinis secara online, jadi tidak butuh membangun atau menyewa toko sendiri.

Karena serba online, sebuah website yang dijadikan toko baju online, membutuhkan copywriting yang tidak hanya menjelaskan produk-produknya, tapi juga bisa memotivasi pengunjung untuk bertransaksi. Untuk mengoptimalkan website mereka, banyak pengusaha toko baju online menyewa copywriters, tapi seorang professional pun bisa menemukan tantangan dalam hal ini.

Jadi bagaimana copywriting yang baik untuk toko baju online? Berikut panduannya.

Memberi penjelasan produk

Sebagian besar keputusan untuk membeli pakaian di toko baju online, adalah bagaimana si calon pembeli merasakan pakaian itu di tubuhnya sendiri. Pada toko baju online, pengunjung hanya bisa melihat foto-foto, dan tugas seorang copywriter adalah menjelaskan produk itu sehingga bisa memengaruhi keputusan pengunjung menjadi pembeli.

Kata-kata yang disampaikan bukan hanya berkisar harga atau detail baju tersebut. Melainkan bagaimana pengalaman yang bisa dirasakan calon pembeli saat mengenakan pakaian itu. Penulis juga bisa menggunakan deskripsi seperti ‘bahan yang ringan’ atau ‘bahan anti kerut’, tapi perlu juga memberi masukan bahwa pakaian itu pantasnya dikenakan pada situasi apa.

Meyakinkan kustomer

Di toko baju yang sebenarnya, kustomer bisa melihat-lihat pakaian dan mengunjungi toko baju lainnya secara langsung. Ada risiko lebih kecil untuk mereka, karena mereka tahu dan bisa mengecek pakaian itu secara langsung dan mencobanya, apakah cocok dengan mereka. Mereka juga bisa bertanya langsung pada penjaga tokonya. Toko baju online berbeda dalam hal ini, siapa yang mengunjungi dan siapa yang menjaga ‘toko’ itu tidak saling bertemu, atau anonimus. Jadi tulisan yang dibuat harus mampu dimengerti oleh kustomer, dan membangun kepercayaan baik pada produk dan toko baju online itu.

Membangun kredibilitas

Sebagai pakar marketing, Allen Moon, memberi nasihat di salah satu artikel yang diterbitkan Majalah Enterprenuer, “How to Start a Business Online.” Bahwa tulisan tidak hanya mampu menjelaskan produk, tapi juga harus mampu menyampaikan bagaimana produk itu bisa memberi nilai lebih kepada kustomer, dan kelebihan dari berbelanja di toko baju online itu, ketimbang di tempat lainnya. Moon menambahkan bahwa tulisan harus memberikan jaminan yang terpercaya, dan perlu juga memajang pengakuan kustomer yang pernah membeli dari toko online itu.

Tulisan sesuai dengan standar untuk internet

Copywriting yang baik adalah yang memperhatikan prinsip dasar, seperti grammar dan penggunaan bahasa yang tepat sesuai target audiens. Struktur salinan pun harus diperhatikan. Tapi karena ini untuk tujuan internet, strukturnya tentu berbeda dengan copywriting untuk media cetak.

Tulisan untuk internet (web copy) harus lebih ringkas dibanding dengan media cetak, karena kustomer internet memiliki lebih banyak pilihan dan akan berpindah halaman/situs lebih cepat, jika tulisan itu membosankan dan membingungkan. Web copy untuk toko baju online bagaimana pun juga harus padat, tidak bertele-tele, paragraph tidak banyak dan lebih banyak bahasa visual.

Source: ehow.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: