Memaksimalkan Digital Printing

Digital printing terbilang efisien dan merupakan solusi yang logis bagi percetakan yang terkait dengan fotografi. Tapi, terkadang, fotografi digital hasilnya tidak bagus, terlalu gelap atau tidak sesuai dengan harapan. Untungnya, ada beberapa cara sederhana untuk mengoreksi cetak digital untuk menghindari kesalahan hasil cetak, hingga bisa menghasilkan cetak foto yang terang dan cantik. Untuk itu Anda membutuhkan software macam program Adobe Photoshop.

Langkah koreksi.

1. Koreksi foto digital yang terlalu gelap atau terlalu terang.

Dalam program Adobe Photoshop, buka foto yang bermasalah tersebut. Klik pilihan “Image” di bagian atas window Adobe Photoshop. Setelah itu Anda akan melihat beberapa pilihan, dan pilihlah “Brightness/Contrast”. Kemudian akan muncul bar untuk brightness atau contrast. Pada bar itu Anda bebas menentukan tingkat penerangan dan kekontrasan gambar sesuai Anda inginkan. Arah ke kanan untuk menambah terang/kontras, dan arah ke kiri adalah sebaliknya.

2. Koreksi foto yang berbayang (blur)

Buka foto yang blurry itu di program Adobe Photoshop. Klik pilihan “Filter” yang berada di bagian atas window program. Pilih “Sharpen”, lalu akan muncul sebuah box kecil berisi bermcam daftar perintah, lalu temui lagi pilihan “Sharpen”. Gambar akan berubah lebih tajam. Bila ketajamannya kurang, ulangi proses yang sama.

Dengan melakukan edit terlebih dahulu sebelum melakukan digital printing, Anda tidak akan mengalami kerugian karena harus membayar hasil cetak yang tidak baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: